PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DI MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK ISLAM ADILUWIH

EFENDI, ARIESKA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DI MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK ISLAM ADILUWIH. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18112013.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak18112013.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b118112013.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b218112013.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18112013.pdf - Bibliography

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar matematika di masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain penelitian “Kelompok Kontrol tanpa Pre-test”. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajarab Flipped Classroom dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar matematika. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Teknik Purposive Sampling dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Subjek dalam penelitian ini yairu sebanyak 66 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas X AKL dan X MM menjadi kelas eksperimen dan kelas X TBSM menjadi kelas kontrol pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom dan siswa yang tidak diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom. Hal tersebut dilihat dari hasil perhitungan analisis deskriptif dan analisis inferensial, dari hasil data analisis deskriptif di dapatkan rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 73,75 sedangkan rata- rata dari kelas kontrol sebesar 59,57. Lalu diperkuat oleh perhitungan hasil analisis inferensial yang dihitung menggunakan PASW Statistic 18 diperoleh uji independent sample t-test yaitu ????????????????????????? sebesar 5,361 dan nilai ???????????????????????? sebesar 0,000 dengan taraf nyata ? = 5% dan dk = 64. Hal ini menunjukkan bahwa nilai ????????????????????????? > ???????????????????????? (5,361 > 0,000), maka dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Matematika antara kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom dan kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Pembelajaran Tatap Muka, Hasil Belajar
Subjects: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Divisions: Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 08 Apr 2023 04:14
Last Modified: 08 Apr 2023 04:14
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4581

Actions (login required)

View Item View Item