PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MULTIPLE MARKER PADA PENGENALAN KOMPONEN KOMPUTER

Wahyuddin, Roji (2022) PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MULTIPLE MARKER PADA PENGENALAN KOMPONEN KOMPUTER. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi16312323.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak16312323.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b116312323.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b216312323.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16312323.pdf - Bibliography

Download (93kB)

Abstract

MTS Hidayatul Islamiyah Bandarlampung merupakan salah satu sekolah swasta tingkat Menengah Pertama merupakan tempat penelitian yang penulis pilih yang beralamatkan di Jalan Teuku Cik Ditiro Gang Ponpes, Sumber Agung, Kec. Kemiling, Kota Bandar Lampung Prov. Lampung. Permasalahan yang ada di MTS Hidayatul Islamiyah Bandar lampung adalah penyampaian materi tentang pengenalan komponen komputer pada MTS Hidayatul Islamiyah hanya sebatas menggunakan buku cetak sekolah dan tidak semua siswa memiliki buku cetak sehingga guru harus menjelaskan materi dengan lisan. Mengacu pada permasalahan diatas maka dapat ditemukan sebuah solusi dangan membangun aplikasi pengenalan komponen komputer menggunakan teknologi multiple marker augmented reality sehingga nanti objek yang berinteraksi akan mengilustrasikan bagaimana penerapan komponen tersebut. Tujuan dari penelitian diharapkan dapat memberikan inovasi pembelajaran yang menarik bagi siswa SMP dan altenatif pembelajaran saat daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pengujian aplikasi dilakukan dengan pengujian ISO 25010, Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi dapat membantu siswa dalam pembelajaran pengenalan komponen komputer. Hal tersebut didapatkan setelah aplikasi diuji menggunakan standar kualitas pengujian perangkat lunak ISO 25010 dengan tiga aspek yaitu functional suitability menghasilkan nilai sebesar 100% usability menghasilkan nilai sebesar 89,39%, dan performace efficiency waktu instalasi 11 detik tanpa error, penggunaan CPU dan RAM di peroleh hasil rata – rata 50% yang dalam hal ini sangat baik untuk digunakan berdasarkan rentang kriteria inteprestasi.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, media pembelajaran, komputer, multiple marker,ISO 25010
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Komputer Grafis / Desain Grafis
SISTEM INFORMASI (S1) > Komputer Grafis / Desain Grafis

INFORMATIKA > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:53
Last Modified: 25 Nov 2022 02:53
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4064

Actions (login required)

View Item View Item