SISTEM INFORMASI PEAYANAN HAJI DAN UMROH MENGGUNAKAN SMS GATEWAY (STUDI KASUS : PT BUNDA ASRI LESTARI)

Windani, Sandita Ayu (2017) SISTEM INFORMASI PEAYANAN HAJI DAN UMROH MENGGUNAKAN SMS GATEWAY (STUDI KASUS : PT BUNDA ASRI LESTARI). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
13. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
14. BAB 1.pdf

Download (133kB)
[img] Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)

Abstract

PT Bunda Asri Lestari merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa tour and travel yang beralamat di Jalan Teuku Umar No 90C Kedaton Bandar Lampung. Masalah yang terjadi pada sistem yang saat ini digunakan yaitu pemberitahuan informasi dalam pelayanan pada setiap jamaah masih melakukan secara manual seperti pemberitahuan melalui sms pada setiap jamaah sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama dalam penyampaian informasi. Lamanya pencarian data jamaah dan menghambat dalam pembuatan laporan, banyak menyita tempat penyimpanan karena masih berbentuk arsip seperti buku besar, dan lamanya pembuatan laporan, untuk konfirmasi terhadap informasi pelayanan yang telah disampaikan pada jamaah harus datang langsung ke kantor, hal ini menyulitkan bagi jamaah yang ada diluar daerah. Sistem informasi pelayanan umroh dan haji berbasis SMS gateway menggunakan metode tahapan pengembangan sistem waterfall, menggunakan model UML yaitu: Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram, Squence Diagram dan menggunakan bahasa pemograman Pascal Delpi 7, database MYSQL dan testing ISO 9126. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menggunakan ISO 9126, sistem informasi pendaftaran umroh dan haji menggunakan SMS gateway ini memiliki hasil analisis pada tingkat kualitas perangkat lunak secara keseluruhan yaitu dalam kriteria baik, dengan persentase 78,26%. Aspek kualitas tertinggi adalah aspek Reliability dengan persentase sebesar 89,33%, selajutnya aspek Functionality dengan presentase sebesar 88,36 %. Kemudian aspek Efficiency dengan presentase 81,33%, sedangkan aspek kualitas terendah adalah dari aspek Usability dengan persentase sebesar 55,33%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem, Pelayanan, Manasik, Umroh dan Haji, SMS gateway.
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > SISTEM PENGOLAHAN DATA
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 02 Mar 2019 03:20
Last Modified: 20 Jun 2020 08:22
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item