APLIKASI PENGENALAN HURUF, ANGKA, WARNA DAN GAMBAR MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID

Novianto, Andri (2018) APLIKASI PENGENALAN HURUF, ANGKA, WARNA DAN GAMBAR MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
10. Abstrak.pdf

Download (87kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (47kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)

Abstract

Pendidikan harussudahdimulaisejakusiadinisupayatidakterlambatdalammengenal dunia pendidikan. Sehinggapentingbagianakuntukmendapaatkan Pendidikan AnakUsia Dini (PAUD). Peran orang tuasangatpentingdalamhalmendidikanak, pada era yang sudahserba digital sepertisekarangini orang tuajustrudimudahkandenganadanya media-media pembelajarankhususuntukanakusiadini yang dikemasdalambentuksoftwareatauaplikasi/game.Kebanyakananak-anakmerasajenuh dan malas denganpembelajarankonvensional dan merasalebihmenyukaibermaindaripadabelajar.Tujuan penelitian ini adalahuntuk menghasilkan sebuah aplikasi game edukasisebagai media alternatif hiburan danpembelajaran bagi anak usia diniberbasis android yang dapat memberikan pendidikan dasar untuk anak usia dini sehingga dapat meningkat kan minat anak untuk belajar mengenal huruf, angka, warna dan gambar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan tinjauan pustaka, wawancara, observasi dan kuisioner. Sumber data/subjekanak-anak PAUD yang berjumlah 30 orang pada PAUD Az-Zahra Natar, Lampung Selatan. Metode pengujian aplikasi menggunakan ISO 9126 yaitu terhadap aspekFunctionalitydan Usability. Rancangan GameedukasiPengenalan Huruf, Angka, Warna dan Gambar untuk anak usia dini ini menggunakansoftware Construct2 yang akan dijalankan pada platform Android. Hasil pengujian kualitasgame edukasiPengenalan Huruf, Angka, Warna dan Gambar untuk anak usia dinidiperoleh nilai dari aspekfunctionality 100% valid, aspekusability dari 30 responden memperoleh nilai 85% valid, mendapatkan kreteria Sangat Tinggi/Sangat Baiksesuai dengan Kreteria Skor Responden, artinya bahwa aplikasi dapat berfungsi dengan baik dan dapat diterapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: game, edukasi, anak usia dini, construct 2.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 14 Feb 2019 09:23
Last Modified: 29 May 2020 06:25
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item View Item