AKMAL, NUR (2024) Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Penjualan Lahan Kaveling Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: CV Cahya Mulya Property). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.
![]() |
Text (Full Teks)
skripsi20311090.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak)
abstrak20311090.pdf - Published Version Download (14kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendaduluan)
b120311090.pdf - Published Version Download (122kB) |
![]() |
Text (BAB II Landasan Teori)
b220311090.pdf - Published Version Download (173kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka20311090.pdf - Bibliography Download (94kB) |
Abstract
Meningkatnya kebutuhan lahan pemukiman di Kabupaten Pringsewu dimanfaatkan beberapa pelaku usaha properti dengan menjual lahan siap bangun atau biasa disebut lahan kaveling, salah satunya yaitu CV Cahya Mulya Property. Cahya Mulya Property memiliki sebuah website untuk membantu memasarkan produknya, namun penggunaan website tersebut belum berfungsi secara optimal, hal ini dikarenakan transaksi pembelian dan pembayaran dilakukan di luar website yaitu dialihkan ke aplikasi WhatsApp, salain itu pencatatan pembayaran dan angsuran kaveling juga masih dilakukan secara manual. Hal tersebut membuat kurangnya pengalaman pengguna dalam melakukan transaksi pembelian kaveling. Dalam era digital, fokus utama perusahaan adalah pada pengembangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) untuk menciptakan pengalaman pengguna yang memuaskan. Tampilan UI/UX yang baik menjadi faktor kunci dalam kesuksesan bisnis di era digital. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang prototipe aplikasi penjualan lahan kaveling bernama "Pland" dengan menerapkan metode Design Thinking. Pengujian terhadap prototipe dilakukan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengukur berbagai aspek dari prototipe seperti daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe "Pland" mendapatkan penilaian yang baik pada aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, dan ketepatan, dengan skor masing-masing 1,68; 1,78; 1,89; dan 1,56. Aspek stimulasi dan kebaruan memperoleh penilaian di atas rata-rata benchmark dengan skor 1,16 dan 0,85. Penelitian ini berhasil merancang prototipe yang menarik, jelas, efisien, dan dapat diandalkan, namun masih ada ruang untuk perbaikan dalam aspek stimulasi dan kebaruan. Penerapan metode Design Thinking terbukti efektif dalam menciptakan UI yang disukai pengguna, sehingga dapat memberikan kontribusi signifikan dalam inovasi pengembangan aplikasi mobile untuk bisnis penjualan lahan kaveling di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Strata 1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kaveling, User Interface, User Experience, Design Thinking, Prototipe, User Experience Questionnaire (UEQ). |
Subjects: | SISTEM INFORMASI (S1) > INTERNET / WIFI SISTEM INFORMASI (S1) > INTERNET / WIFI |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Pustakawan Admin 1 |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 06:42 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 06:42 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/6121 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |