PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ARKADE MUFRODAT BAHASA ARAB DENGAN METODE TIKRAR (STUDI KASUS : MADRASAH TSANAWIYAH RAUDLATUL JANNAH)

SETIAJI, RANGGA (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ARKADE MUFRODAT BAHASA ARAB DENGAN METODE TIKRAR (STUDI KASUS : MADRASAH TSANAWIYAH RAUDLATUL JANNAH). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Teks)
skripsi18312054.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak18312054.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b118312054.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b218312054.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18312054.pdf - Bibliography

Download (201kB)

Abstract

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang cukup banyak digunakan di dunia, bahasa Arab merupakan bahasa utama pada sebagian besar orang di daerah timur tengah serta Afrika bagian utara yang saat ini telah digunakan di 25 negara. Sebagai bahasa Al-Qur’an bahasa Arab seringkali digunakan dalam kegiatan belajar mengajar ajaran agama islam. Indonesia sebagai negara yang memiliki penganut agama Islam terbesar di dunia, menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa yang banyak dipelajari. Pendidikan bahasa Arab di Indonesia menghadapi tantangan dalam menghadirkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif, sehingga membuatnya terkesan menjenuhkan dan kurang diminati, namun kemajuan teknologi membawa banyak inovasi, khususnya dalam konteks pembelajaran. Salah satu inovasi teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah game. Dengan menggabungkan inovasi ini, dikenal konsep pembelajaran berbasis game atau yang sering disebut game-based learning. Banyak metode dan model game edukasi bahasa Arab yang telah dikembangkan yang pada setiap modelnya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. metode yang paling umum adalah metode tanya jawab, dimana pengguna akan diberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab, namun metode ini memiliki kekurangan dimana peserta didik dituntut untuk menghafal terlebih dahulu kosa-kata agar dapat mengerjakan soal, metode menghafal tikrar adalah metode menghafal dengan cara pengulagan, dengan menerapkan metode ini pada game diharapkan dapat membuat pembelajar lebih bervariatif dan interaktif.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Subjects: INFORMATIKA > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: siswa pkl 4
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:00
Last Modified: 26 Aug 2024 04:00
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/6032

Actions (login required)

View Item View Item