PERAN DIGITAL MARKETING TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA UMKM GULA MERAH AREN KELURAHAN GUNUNG TERANG KOTA BANDAR LAMPUNG)

RIANA, MELDA (2023) PERAN DIGITAL MARKETING TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA UMKM GULA MERAH AREN KELURAHAN GUNUNG TERANG KOTA BANDAR LAMPUNG). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17411301.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17411301.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b117411301.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b217411301.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17411301.pdf - Bibliography

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran digital marketing terhadap tingkat pendapatan UMKM pada masa pandemi covid-19 (studi pada UMKM gula merah aren di kelurahan gunung terang kota Bandar Lampung). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan kualitatif berarti data bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo dan dokumen resmi lainnya, maka dalam menganalisis data yang berhasil dikumpulkan, tidak diuji statistik, melainkan analisis non statistik sesuai dengan penelitian deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian kualitatif ini adalah karyawan serta owner dari UMKM gula merah aren di kelurahan gunung terang kota Bandar Lampung serta data tertulis terkait dengan penelitian seperti dokumentasi, buku-buku, dan karya ilmiah lainnya. Teknik pegumpulan data berupa hasil wawancara dan observasi. Hasil wawancara menunjukkan bahwa peran Digital Marketing terhadap Tingkat Pendapatan UMKM di masa Pandemi Covid-19 (Studi pada UMKM Gula Merah Aren Kelurahan Gunung Terang Kota Bandar Lampung). Sesuai dengan indikator digital marketing ini baik itu Accessibility (aksessibilitas), Interactivity (interaktivitas), Entertainment (hiburan), Credibility (kepercayaan), Irritation (kejengkelan), dan Informativeness (informative) dengan adanya digital marketing ini dapat mempermudah penjual mempromosikan produknya terutama dimasa covid-19, sehingga kosumen tertarik untuk membeli, selain itu mempermudah transaksi antara konsumen dengan penjual baik dari sitem pembayaran maupun lainnya, dan dengan menggunakan digital marketing penjual akan terus berinovasi mengembangkan produknya dengan adanya ulasan atau review dari konsumen terkait produk yang dijual agar dapat lebih baik lagi. Peran digital marketing yang dilakukan oleh UMKM Gula Merah Aren Kelurahan Gunung Terang Kota Bandar Lampung dinilai telah sesuai dengan penerapan sistem bisnis digital yang tepat, tidak hanya dapat meningkatkan dan juga menjaga kondisi keuangan perusahaan, tapi juga dapat mendapatkan keuntungan lain seperti penghematan biaya operasional.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, UMKM, dan Tingkat Pendapatan
Subjects: MANAJEMEN
MANAJEMEN > Manajemen Strategik Komprehensif
MANAJEMEN > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 27 Apr 2024 02:22
Last Modified: 27 Apr 2024 03:07
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5878

Actions (login required)

View Item View Item