Evaluasi Kerusakan Jalan Beserta Cara Penanganannya Dengan Metode Bina Marga (Studi Kasus: Jalan Terusan Ryacudu � Jalan Kota Baru Lampung, Lampung Selatan)

PANGESTU, AJI (2023) Evaluasi Kerusakan Jalan Beserta Cara Penanganannya Dengan Metode Bina Marga (Studi Kasus: Jalan Terusan Ryacudu � Jalan Kota Baru Lampung, Lampung Selatan). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (full teks)
skripsi18314012.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
abstrak18314012.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b118314012.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (BAB II Tinjauan)
b218314012.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18314012.pdf - Bibliography

Download (77kB)

Abstract

Kerusakan jalan merupakan faktor penghambat utama segala jenis aktivitas yang sering terjadi di jalan raya. Kerusakan pada perkerasan lentur merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi meskipun dalam hal ini sudah sering dilakukan perbaikan jalan yang berupa lapis ulang permukaan dan tambalan. Hal ini disebabkan oleh tingginya volume lalu lintas secara berulang-ulang, beban muatan kendaraan dan iklim pada daerah jalan tersebut. Maka dari itu, perlu dilakukannya pengkajian terkait dengan permasalahan ini yang bertujuan agar dapat mengetahui tingkatan serta jenis kerusakan yang terjadi dan juga untuk menentukan jenis penanganan dan pemeliharaan jalan berdasarkan nilai kondisi kerusakan pada ruas jalan yang akan diteliti. Dengan analisis menggunakan Metode Bina Marga, penelitian ini dilakukan pada ruas Jl. Terusan Ryacudu - Jl. Kota Baru Lampung dengan mengamati jenis kerusakan jalan, nilai kondisi jalan, dan jumlah volume lalu lintas kendaraan yang melintas. Perhitungan mengacu pada peraturan-peraturan yang terkait berupa Petunuk Teknis Perencanaan Dan Penyusunan Program Jalan Kabupaten dan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 2014. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu, kerusakan jalan yang paling dominan terjadi adalah jenis kerusakan amblas dengan jumlah total kerusakan 2.884,39 m2, jenis kerusakan lubang dengan jumlah total kerusakan 1.073,63 m2 dan jenis kerusakan retak dengan jumlah total kerusakan 368,65 m2. Nilai kondisi jalan terbesar terdapat pada ruas Jl. Terusan Ryacudu yaitu 38,89 dan nilai kondisi jalan terkecil terdapat pada ruas Jl. Kota Baru Lampung yaitu 23,99. Nilai urutan prioritas yang didapat pada kedua ruas jalan tersebut adalah

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan jalan, Nilai Kondisi jalan, Lintas Harian Rata-rata (LHR), Nilai Urutan Prioritas, Program Peningkatan
Subjects: TEKNIK SIPIL > Kalkulus
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:31
Last Modified: 16 Oct 2023 04:31
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5001

Actions (login required)

View Item View Item