PENERAPAN METODE DESAIN THINKING PADA MODEL PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI EF (EMPLOYEE FACILITIES) (STUDI KASUS : GREAT GIANT FOODS LAMPUNG)

BELLA, ANNISA (2022) PENERAPAN METODE DESAIN THINKING PADA MODEL PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI EF (EMPLOYEE FACILITIES) (STUDI KASUS : GREAT GIANT FOODS LAMPUNG). Strata 1 thesis, Universits Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18311094.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak18311094.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (BAB I – Pendahuluan)
b118311094.pdf - Published Version

Download (24kB)
[img] Text (BAB II – Landasan Teori)
b218311094.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18311094.pdf - Bibliography

Download (134kB)

Abstract

Great Giant Foods (GGF) memiliki karyawan dengan jumlah 25.000 karyawan yang di antaranya ditempatkan di Lampung. Great Giant Foods memberikan fasilitas kepada karyawan yang mempunyai jenjang karir yaitu Mess atau tempat tinggal untuk karyawannya. Pengelolaan dari pendistribusiannya serta pendataan mess masih dilakukan secara konvensional oleh perusahaan, banyak permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan pendistribusian sehingga membuat penghuni mess merasa tidak nyaman. Sering kali ketika penghuni mess meminta pelayanan mess harus menghubungi pihak vendor melalui chating Whatsapp, sehingga membutuhkan banyak waktu dalam pendistribusiannya dikarenakan chating yang masuk dari penghuni mess tidak terbaca oleh pihak vendor. Berdasarkan permasalahan yang terjadi maka diperlukan sebuah rancangan user interface dan user experience dalam pendistribusian atau pengelolaan mess perusahaan Great Giant Foods Lampung dengan menggunakan metode Design Thinking dan pengujian User Testing dan System Usability Scale. Tujuan dari perancangan ini guna memudahkan komunikasi antara penghuni mess dengan penanggung jawab setiap fasilitas yang diberikan. Penelitian ini menghasilkan high fidelity prototype aplikasi EF . Pengujian Usability Testing dan System Usability Scale yang diukur berdasarkan Effictiviness yang menghasilkan average 93 persen dengan predikat “Sangat Efektif” sesuai dengan standat acuan Litbang Depdagri 1991, bedasarkan Efficiency dalam menyelesaikan user task memperoleh waktu sebanyak 16,275 detik , serta berdasarkan Satification yang didapatkan dari pengujian aplikasi EF ialah sebesar 88,8 persen dengan grade scale “B” dan adjective rating ”Excellent” sehingga menunjukkan bahwa aplikasi ini disukai dan diterima oleh user sehingga dapat dijadikan acuan dalam pembuatan aplikasi atau sistem fasilitas mess.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Design User Experience, Design Thinking, Usability Testing, System Usability Scale, Fasilitas Mes.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:52
Last Modified: 28 Dec 2022 03:52
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4320

Actions (login required)

View Item View Item