PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS ANDROID

MUNANDAR, PANJI SETIAWAN (2022) PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS ANDROID. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17312123.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak17312123.pdf - Published Version

Download (11kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b117312123.pdf

Download (57kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b217312123.pdf - Published Version

Download (572kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17312123.pdf - Bibliography

Download (78kB)

Abstract

Pada usia mereka anak-anak sangat aktif bergerak dan cenderung memiliki energi yang tinggi. Oleh karena itu, mereka bisa menyalurkan energi mereka pada hal-hal yang positif, misalnya dengan bermain game dan berinteraksi dengan teman sebayanya. Sekarang ini dengan adanya perkembangan ilmu teknologi dan terciptanya Smartphone atau gadget dapat membuat anak-anak lebih menyukai game modern yang tidak memiliki manfaat untuk perkembangan karakter pada diri mereka. Pada zaman dahulu, anak-anak menyalurkan energi mereka dengan bermain game yang disebut permainan tradisional. Kebanyakan permainan ini memanfaatkan gerak tubuh mereka seperti petak umpet, enggrang, lari dan tangkap, congkak, gasing, dan lompat tali. Permainan tradisional banyak memiliki nilai-nilai kehidupan dan manfaat, seperti terciptanya inovasi, munculnya kreativitas, berkembanya karakter pada anak, disiplin dan jujur. Namun, seiring berkembangnya zaman keberadaan permainan tradisional mulai berkurang, faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah kurangnya sarana dan tempat untuk bermain permainan tradisonal. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan teknologi dan tampilan interface agar dapat menarik minat anak-anak untuk mengetahui tentang permaian tradisional, sekaligus menjadikan media informasi yang menyenangkan dan mudah di mengerti yang di implementasi ke dalam platform Android. Aplikasi ini dibuat menggunakan software construt 2 dengan menggunkan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari Concept, Design, Material Colleting, Assemblym Testing dan Distribution. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap anak-anak mendapatkan persentase sebesar 87%. Kesimpulan dari hasil observasi penelitian telah berhasil dicapai.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional, MDLC, Android
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 26 Nov 2022 10:04
Last Modified: 26 Nov 2022 10:04
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4089

Actions (login required)

View Item View Item