PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN HEWAN ENDEMIK INDONESIA

BUDI, AGUNG SETIA (2022) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN HEWAN ENDEMIK INDONESIA. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi14312288.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak14312288.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b114312288.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (BAB II Landasan teori)
b214312288.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka14312288.pdf - Bibliography

Download (87kB)

Abstract

Indonesia memiliki bermacam-macam jenis hewan endemik yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Hewan endemik merupakan spesies hewan alami yang hidup dan mendiami suatu wilayah atau daerah tertentu, sehingga menjadi ciri khas dari suatu wilayah. Hewan- hewan endemik yang tersebar di berbagai wilayah perlu dilestarikan keberadaanya. Salah upaya pelestariannya adalah dengan menjadikan pengetahuan tentang hewan sebagai salah satu pengetahuan dan informasi. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan kepada guru ilmu pengetahuan alam (IPA) bahwa pembelajaran saat ini masih menggunakan media seperti buku cetak, dan poster 2D. Hal ini membuat yang disampaikan menjadi tidak interaktif dan kurang menarik. Perkembangan teknologi informasi saat ini telah merambah pada konsep ponsel cerdas atau smatrphone. Salah satu gagasan untuk mengoptimalkan kegunaan smartphone khususnya bagi anak-anak adalah dengan menerapkan teknologi Augmented Reality, yaitu teknologi yang menggabungkan objek dunia maya dengan dunia nyata secara realtime. Munculnya teknologi Augmented Reality sangat membantu proses pengenalan hewan terutama dengan adanya dukungan terhadap marker yang memungkinkan untuk memadukan buku 2D sebagai marker yang digunakan untuk memunculkan objek 3D. Menggunakan MDLC yang terdiri dari 6 tahap yaitu concept, desain, material collecting, assembly testing dan distribution. Hasil pengujian ISO 25010, yang mana aspek yang diuji adalah aspek Functional suitability mendapatkan skor 100%, aspek Operability mendapatkan Skor 94% dan aspek Transferability mendapatkan skor 100% serta waktu rata-rata eksekusi 1,3786 detik. Dari keseluruhan pengujian ISO 25010 mendapatkan skor total rata-rata 94% atau mempunyai skala sangat baik.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Hewan Endemik, Augmented Reality, 3D, MDLC, ISO 25010.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Komputer Grafis / Desain Grafis
SISTEM INFORMASI (S1) > Komputer Grafis / Desain Grafis
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 26 Nov 2022 09:56
Last Modified: 26 Nov 2022 09:56
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4088

Actions (login required)

View Item View Item