PENGUKURAN KESUKSESAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE DELONE DAN MCLEAN DI ERA NEW NORMAL

Juhandi, Dede (2021) PENGUKURAN KESUKSESAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE DELONE DAN MCLEAN DI ERA NEW NORMAL. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17311331.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b117311331.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17311331.pdf - Published Version

Download (10kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17311331.pdf - Bibliography

Download (125kB)

Abstract

Dalam situasi pandemi saat ini Universitas XYZ telah menerapkan sistem pembelajaran daring dalam proses belajara dan mengajar. Media pembelajaran daring atau e-learning adalah teknologi informasi dan komunikasi untuk mengaktifkan siswa untuk belajar dimanapun dan kapanpun.. Kesuksesan penggunaan sistem e-learning tidak dapat dinilai hanya dengan menggunakan konstruk proksi tunggal (misal, kepuasan pengguna) atau skala butir tunggal (misal, kesuksesan secara keseluruhan). Atas hal tersebut diperlukan suatu model untuk mengetahui kondisi kualitas dan kesuksesan implementasi penggunaan e-learning. Penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh DeLone dan McLean tahun 2003 atau yang disebut dengan model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesuksesan sistem pembelajaran daring menggunakan model DeLone dan McLean dan mengetahui hasil pengukuran kesuksesan sistem pembelajaran daring. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, jumlah sampel yang diperoleh yang akan dijadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 126 mahasiswa aktif jurusan S1 Sistem Informasi. Hasilnya adalah kualitas sistem memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan, kualitas sistem memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, kualitas informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel penggunaan, kualitas informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan, kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, variabel penggunaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Kata Kunci : Pengukuran Kesuksesan Sistem, Media Pembelajaran daring, Model DeLone dan McLean

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kesuksesan Sistem, Media Pembelajaran daring, Model DeLone dan McLean
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PENERAPAN E-LEARNING
SISTEM INFORMASI (D3) > INFORMASI UNTUK PENGUKURAN KONDISI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:43
Last Modified: 12 Jan 2022 03:43
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3343

Actions (login required)

View Item View Item