SISTEM MONITORING DAN EVALUASI NILAI SISWA BERBASIS DASHBOARD BERDASARKAN KEY PERFORMANCE INDICATOR (STUDI KASUS : SMP KARTIKA II-2 BANDARLAMPUNG)

Syihabuddin, Ahmad (2020) SISTEM MONITORING DAN EVALUASI NILAI SISWA BERBASIS DASHBOARD BERDASARKAN KEY PERFORMANCE INDICATOR (STUDI KASUS : SMP KARTIKA II-2 BANDARLAMPUNG). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Pendahuluan)
b112311006.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka12311006.pdf - Bibliography

Download (118kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak12311006.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text (Full Skripsi)
skripsi12311006.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia pendidikan setiap sekolah harus memiliki capaian sistem pengajaran yang baik, berkualitas dan berstandar nasional. Langkah tersebut dapat dicapai dengan cara belajar melakukan perbaikan dan evaluasi tahunan seperti sekolah SMP Kartika II-2 Bandarlampung. Proses evaluasi dilakukan oleh guru dan tim pengembang kurikulum sekolah yang dilakukan setiap semester. Langkah ini dimulai dengan cara mengumpulkan seluruh data siswa dari nilai belajar hingga kegiatan non akademik. Data-data ini tersebar dalam bentuk dokumen excel ataupun catatan wali kelas yang dijadikan informasi. Informasi didapat dari operator yang berperan dalam pengumpulan seluruh data untuk keputusan rapat kurikulum. Proses pengumpulan data sering mengalami kendala seperti salah entry data, data yang di copy paste dari guru sering terjadi eror ketika diinputkan pada aplikasi nilai operator. Masih harus verifikasi manual oleh bagian kurikulum dan ukuran program yang besar yang membutuhkan spesifikasi tinggi pada pc atau laptop. Tidak semua guru memberikan informasi yang lengkap untuk penilaian non akademik. Maka proses evaluasi selalu tidak memiliki data yang akurat terlebih harus mengunggu Operator menyelesaikan rekap evaluasi. Penerapan monitoring dan evaluasi nilai siswa dilakukan dengan metode penilaian menggunakan KPI (Key Performance Indicator) dengan bobot penilaian yang telah diatur oleh pihak sekolah dan memiliki 3 penilaian yaitu Tes, Pengukuran, dan Penilaian. Dirancang menggunakan UML (Unifield Modelling Language), Usecase Diagram, Activity Diagram, serta Prototyping sebagai metode pengembang sistem, berdasarkan hasil implementasi yang dilakukan dengan penerapan pengujian menggunakan ISO/IEC 25010 Quality in Use Model (Usability) diperoleh hasil sebesar 88% dan 85,7% untuk pengujian funcionality sehingga sistem dapat disimpulkan telah layak digunakan. Kata kunci : Sistem Monitoring, Evaluasi Nilai, Siswa, Dashboard, Key Performance Indicator

Item Type: Thesis (Strata 1)
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Sistem Operasi Tertentu
SISTEM INFORMASI (S1) > Sistem Operasi Tertentu
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 10 Mar 2021 03:13
Last Modified: 10 Mar 2021 03:13
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/2662

Actions (login required)

View Item View Item