RANCANG BANGUN MARKETPLACE UNTUK PEMASARAN DAN PENJUALAN PRODUK UMKM DESA SINDANGSARI

Erliyana, - (2023) RANCANG BANGUN MARKETPLACE UNTUK PEMASARAN DAN PENJUALAN PRODUK UMKM DESA SINDANGSARI. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Teks)
skripsi18313021.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18313021.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b118313021.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b218313021.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18313021.pdf - Published Version

Download (123kB)

Abstract

Akselerasi digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat bermanfaat bagi pelaku usaha UMKM. Selain menghemat biaya pemasaran dan Penjualan, program digitalisasi ini juga dapat membantu menyebarkan informasi pemasaran yang sebelumnya hanya ruanglingkup Penjualan daerah tertentu kini dapat menembus luar daerah. UMKM pada desa Sindangsari masih melakukan kegiatan perdagangan secara tradisional dimana pemasaran tidak meluas dan tidak mengalami perkembangan dengan baik, terlebih lagi dampak Covid-19 yang sangat membuat UMKM di desa ini mengalami penurunan yang signifikan secara ekonomi. Sebagai upaya pemberdayaan UMKM dengan salah satu caranya ialah digitalisasi UMKM, dimana sistem pemasaran ditingkatkan menjadi marketplace. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah membangun media marketplace pada UMKM di desa Sindangsari sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan pemasaran dan penjualan produk. Pada penelitian ini menggunakan Prototyping sebagai metode pengembangan. Berdasarkan hasil Pengujian sistem dilakukan menggunakan ISO 25010 dan didapat hasil pengujian aspek Functionality sebesar 100% dan Aspek Usability sebesar 86.8% yang dapat disimpulkan bahwa sistem telah mencapai skala “Baik” dan “Sangat Layak”. Kata kunci : UMKM, Marketplace, Prototype, ISO 25010

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Marketplace, Prototype, ISO 25010
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > ANALISIS APLIKASI E-MARKETING
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Teknologi Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 20 Dec 2023 11:29
Last Modified: 20 Dec 2023 11:29
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5482

Actions (login required)

View Item View Item