APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF KELAS VII BERBASIS ANDROID (Studi Kasus pada SMP Negeri 19 Bandar Lampung)

Suciati, Putri (2018) APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF KELAS VII BERBASIS ANDROID (Studi Kasus pada SMP Negeri 19 Bandar Lampung). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
10. Abstrak.pdf

Download (87kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
17.Datar Pustaka.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pembelajaran. Selama ini siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung menganggap bahwa pembelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan sehingga siswa kurang aktif dalam proses belajar. Berdasarkan kenyataan ini, maka timbul suatu gagasan untuk membuat sebuah sistem aplikasi pembelajaran matematika interaktif kelas VII berbasis android. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah sistem aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Kelas VII Berbasis Android dengan materi berdasarkan kurikulum 2013 yang digunakan oleh siswa kelas VII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung, dengan memanfaatkan media pembelajaran, dapat memberikan kesempatan bagi siswa kelas VII untuk langsung berinteraksi dengan media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan sistem MDLC yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu concept (konsep), design (desain), material collecting (pengumpulan bahan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian), distribution (menyebar luaskan). Serta menggunakan metode analisis kebutuhan sistem baik kebutuhan fungsional dan non-fungsional untuk menganalisis kebutuhan sistem. Merancang sistem menggunakan aplikasi Adobe Flash CC 2015, serta untuk pengujian aplikasi menggunakan pengujian kualitas sistem berdasarkan ISO 9126. Setelah dilakukan penelitian melalui tahapan tersebut, maka di peroleh hasil dari uji coba penilaian kualitas tertinggi adalah aspek usability sebesar 90% dengan kriteria sangat baik, selanjutnya aspek portability dengan persentase sebesar 86,5% dengan kriteria sangat baik, sedangkan aspek kualitas terendah adalah dari aspek functionality sebesar 81,33% dengan kriteria baik. Dengan demikian Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Kelas VII Berbasis Android bisa dijadikan salah satu alternatif bagi siswa SMP kelas VII dalam mempelajari Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: matematika, interaktif, aplikasi, android, pengembangan sistem.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 21 Feb 2019 07:03
Last Modified: 09 Jun 2020 02:13
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item View Item