APLIKASI GAME PENGENALAN WARNA DAN ANGKA BERBASIS ANDROID

Binedo, Fitra Muhammad (2018) APLIKASI GAME PENGENALAN WARNA DAN ANGKA BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
10. Abstrak.pdf

Download (150kB)
[img] Text
11. Bab 1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dari aplikasi game pengenalan warna dan angka berbasis android, mengetahui kelayakan aplikasi game pengenalan warna dan angka berbasis android sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa/siswi Taman Kanak-Kanak berbasis android, dan mengetahui tangapan siswa terhadap penggunaan game pengenalan warna dan angka berbasis android sebagai media pembelajaran dengan materi dasar pengenalan warna dan angka, dan mengetahui kelayakan media tersebut sebagai sebuah media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di TK Xaverius 3 Bandar Lampung dengan melibatkan 30 Siswa Taman Kanak-kanak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk membangun game yang menarik serta terdapat unsur edukasi dan hiburan dan mengetahui kualitas perangkat lunak yang dikembangkan menurut aspek functional suitability, performance efficiency, compatibility, dan usability.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan multimedia yaitu concept, design, obtaining content material, assembly, testing, dan distribution. Pengujian pada penelitian ini menggunakan standar ISO 9126, aspek pengujian yang dilakukan antara lain yaitu functional suitability, performance efficiency, Portability, dan usability. Proses pembangunan menggunakan metode multimedia Luther yang terdiri dari enam tahap yaitu concept (konsep), design (desain), obtaining content material (pengumpulan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Pengujian dilakukan pada empat aspek antara lain aspek functional suitability yang menghasilkan presentase sukses sebesar 100%. Pada pengujian Portability OS Android Kitkat, Lolipop, marsmellow dan Nougat dengan nilai 100%. Pada aspek usability secara keseluruhan didapatkan persentase sebesar 83,5%. Pada aspek Efficiency secara keseluruhan didapatkan persentase sebesar 80,3%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Game, Media Pembelajaran, Multimedia, Android, ISO 9126.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID

INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 15 Feb 2019 06:21
Last Modified: 30 May 2020 06:25
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item