GAME PEMBELAJARAN ILMJU TAJWID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

Junendri, - (2018) GAME PEMBELAJARAN ILMJU TAJWID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
13. Abstrak.pdf

Download (154kB)
[img] Text
14.BAB I.pdf

Download (68kB)
[img] Text
19.daftar pustaka.pdf

Download (145kB)

Abstract

Tajwid dalam bahasa arab bermakna melakukan sesuatu dengan elok atau bagus dan membaguskan, tajwid dalam ilmu Qiroah yaitu mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya. Maka ilmu tajwid adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan huruf-huruf dalam al-qur’an dengan baik dan benar . Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu membuat suatu media yang informatif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan kepada masyarakat umum yang beragama islam terutama anak-anak yang beragama islam. Game yang dibuat yaitu “game pembelajaran ilmu tajwid menggunakan construct 2” yang berjenis Quiz. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian yaitu tinjauan pustaka, dan wawancara. Sumber data didapatkan dari 30 responden yang diberikan kepada pelajar dari TPQ Al-muhajirin serta masyarakat lainnya. Adapun tahapan pengembangan game menggunakan metode pengembangan multimedia versi Luther-Sutopo yang terdiri dari enam tahapan yaitu: concept (pengonsepan), design (pendesainan), material collecting (pengumpulan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian) dan distribution (pendistribusian). Metode pengujian yang digunakan yaitu metode Nielsens’s Usability Testing gabungan antara ISO 9241:11 dan ISO 9126 yang menggunakan 6 indikator, diantaranya : effectiveness, eficiency, satisfaction, learnability, suitability dan accuracy serta usability dari keseluruhan game. Game dibangun menggunakan aplikasi construct2. Desain assets dibuat menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS6. Diperoleh nilai pengujian dari effectiveness sebesar 89%, efficiency 95%, satisfaction 94%, learnability 90%, suitability 93%, accuracy 89% dan usability 87%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tajwid, Metode Pengembangan Multimedia, Game, Construct2.
Subjects: INFORMATIKA > Games Education
INFORMATIKA > CONSTRUCT
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:55
Last Modified: 30 May 2020 02:48
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item