Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Seni Dan Budaya Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android

Ramadhan, Galih Fajar (2018) Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Seni Dan Budaya Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
10. Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk rnenghasilkan Game Edukasi Seni dan Budaya Nusantara yang dibuat menggunakan software Role Playing Game (RPG) Maker MV. Game ini berisi materi seni dan budaya dimana game ini digunakan sebagai media dalam mengenal dan mempelajari seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang menggunakan tahapan pengosepan, desain, pengumpulan bahan, pebuatan, pengujian, dan distribusi. Tahap pengonsepan mencakup menentukan tujuan pembuatan apliakasi serta menentukan pengguna aplikasi tersebut. Tahap desain secara rinci mengenai arsitektur proyek, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program.Tahap pengumpulan bahan yakni mengumpulkan bahan yang sesuai dengan kebutuhan yang dikerjakan. Tahap pembuatan dimana semua objek atau bahan multimedia mulai di kombinasikan. Tahap pengujian adalah untuk mengetahui adanya kesalahan atau tidak dari pembuatan dan pengujian dengan menggunakan ISO 9126. Tahap distribusi sebagai media evaluasi dalam mengembangkan sistem menjadi lebih baik. Tahap revisi dilakukan dengan memperbaiki game sesuai dengan saran para ahli. Tahap uji coba dilakukan dengan penerapan Iangsung terhadap user (siswa sekolah dasar). Setelah melalui beberapa tahapan di atas maka terciptalah game edukasi pengenalan seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar berbasis android. Hasil analisis data menunjukkan tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar 100%, dan siswa sebagai pengguna sebesar 81.6%. Demikian dapat disimpulkan bahwa game edukasi pengenalan seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar temasuk dalam kategori sebagai media pembelajaran alternatif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, seni dan budaya nusantara, RPG Maker MV,Media pembelajaran.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID

INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 14 Feb 2019 10:44
Last Modified: 30 May 2020 03:09
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item View Item