Naibaho, Mutiara (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ARCORE SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SPESIES BURUNG. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.
![]() |
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (37kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version Download (102kB) |
![]() |
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
BAB 2.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Bibliography Download (206kB) |
Abstract
Pengembangan teknologi Augmented Reality (AR) menawarkan solusi interaktif yang dapat diterapkan dalam berbagai bidang, termasuk edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality berbasis ARCore sebagai media pengenalan spesies burung di Indonesia. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan informasi mengenai berbagai spesies burung melalui visualisasi 3D yang diproyeksikan ke lingkungan nyata, memungkinkan pengguna untuk melihat burung dalam bentuk virtual sambil menerima informasi terkait seperti deskripsi fisik, suara, dan habitat.Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dalam pengembangan aplikasi. Tahap-tahap penelitian meliputi konsep, perancangan, pengumpulan data, pengembangan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi diuji pada perangkat Android dengan versi 8.0 ke atas, memanfaatkan teknologi ARCore untuk pelacakan gerakan dan pemahaman lingkungan secara real-time. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil menampilkan model burung dalam bentuk 3D secara akurat dan memberikan pengalaman interaktif yang menyenangkan.Penggunaan AR dalam aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah pengguna, terutama pelajar dan peneliti, dalam mengenali dan mempelajari spesies burung Indonesia. Dengan teknologi ini, proses belajar menjadi lebih menarik dan efektif. Aplikasi ini juga berpotensi digunakan sebagai media edukasi yang dapat mendukung upaya konservasi burung di Indonesia, Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil menampilkan model burung dalam bentuk 3D secara akurat, memberikan pengalaman interaktif yang menyenangkan, serta meningkatkan pemahaman pengguna mengenai spesies burung. Penggunaan AR dalam aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah pengguna, terutama pelajar dan peneliti, dalam mengenali dan mempelajari spesies burung Indonesia. Dengan teknologi ini, proses belajar menjadi lebih menarik dan efektif. Aplikasi ini juga berpotensi digunakan sebagai media edukasi yang mendukung upaya konservasi burung di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Strata 1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, ARCore, spesies burung, edukasi, pengenalan burung |
Subjects: | INFORMATIKA > Metaverse INFORMATIKA |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika |
Depositing User: | Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A |
Date Deposited: | 14 Dec 2024 08:16 |
Last Modified: | 14 Dec 2024 08:16 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/6366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |