RAHMADHANI, BIMA (2024) MATMANIA - GAME EDUKASI PENGENALAN MATEMATIKA TINGKAT DASAR UNTUK KELAS 2. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.
![]() |
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (166kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version Download (204kB) |
![]() |
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
BAB 2.pdf - Published Version Download (388kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Bibliography Download (309kB) |
Abstract
ABSTRAK MATMANIA – GAME EDUKASI PENGENALAN MATEMATIKA TINGKAT DASAR UNTUK KELAS 2 Oleh : Bima Rahmadhani 20312127 Beberapa siswa Indonesia menganggap matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang paling sulit untuk dipelajari, siswa sering mengalami pemecahan masalah matematika dengan keterampilan matematika yang sulit dipelajari .Untuk mengatasi permasalahan ini, pembuatan game edukasi yang berjudul ”MATMANIA – GAME EDUKASI PENGENALAN MATEMATIKA TINGKAT DASAR UNTUK KELAS 2” menjadi solusi yang tepat dalam mendukung proses belajar siswa melalui pendekatan permainan edukatif. Game ini dirancang menggunakan Construct 2 dengan format 2D dan dikembangkan melalui metode Game Development Life Cycle (GDLC). Penelitian ini bertujuan menyediakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat untuk pengenalan matematika dasar yang mudah dipahami oleh siswa kelas 2 SD. Pengujian game dilakukan dengan metode Black Box Testing dan System Usability Scale (SUS). Black Box Testing digunakan untuk menguji fungsionalitas game yang menunjukan game sudah ”Berhasil Sesuai Harapan”. Pada pengujian System Usabilty Scale, game ini memperoleh skor 84,083 dari 30 responden yang dinyatakan dengan predikat ”Sangat Baik” dan mencapai grade B. Hasil ini menunjukkan bahwa MATMANIA dapat diterima dengan baik sebagai media pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan minat siswa.
Item Type: | Thesis (Strata 1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Matematika Dasar, Game Development Life Cycle (GDLC), System Usability Scale (SUS), Black Box Testing. |
Subjects: | INFORMATIKA INFORMATIKA > Games Education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika |
Depositing User: | Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A |
Date Deposited: | 14 Dec 2024 07:54 |
Last Modified: | 14 Dec 2024 07:54 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/6364 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |