PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN BANGUN RUANG MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Prasetyo, Wahyu (2018) PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN BANGUN RUANG MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
12. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang harus dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar (SD), selain mata pelajaran umum lainnya . Salah satu materi kompetensi dasar yang terdapat pada mata pelajaran matematika adalah bangun ruang. Berdasarkan hasil pengamatan di SD Negeri Adiluhur kelas IV. Penyampaian materi bangun ruang dilakukan secara konvensional atau dengan cara menulis dipapan tulis (whiteboard). Karena keterbatasan alat peraga untuk memvisualisasi siswa di sekolah, sebagian siswa yang tingkat pemahamannya rendah, mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka peneliti pertujuan untuk membuat aplikasi alat peraga pengenalan bangun ruang menggunakan AR (augmented reality). Perancangan aplikasi ini menggunakan model pengembangan multimedia development life cycle atau bisa juga disebut dengan pengembangan multimedia dan menggunakan tools Unity dengan menggunakan teknologi Argumented Reality, yang diimplementasikan pada platform android, sehingga aplikasi diharapkan mampu membantu guru menyampaikan materi dan memvisualkan objek bangun ruang kepada siswa. Pengujian aplikasi ini menggunakan ISO 9126, menggunakan 4 karakteristik pengujian yaitu functionality, reability, usablity, dan effeciency. Hasil yang di dapat functionality yang di uji oleh ahli media mendapat hasil valid. Uji usability dengan 20 orang responden mendapat hasil aspek atracktivess 69.5%, aspek learnability 69%, Operability 81.75%, understandbility 74.8% dan rata-rata semua aspek 74%. Pengujian effeciency penggunaan RAM maksimum sebesar 119.2 Mb dan penggunaan CPU maksimum oleh aplikasi kurang dari 10%. Hasil pengujian Portability pada beberapa device smartphone dengan sistem operasi Android versi Lolipop, Marshmallow, Nouget dan Oreo menunjukkan aplikasi dapat di-install dan dijalankan pada device tersebut dengan baik. Pemanfaatan teknologi augmented reality untuk pengenalan bangun ruang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Augmented Realuty, Bangun Ruang, ISO 9126, Unity 3D
Subjects: TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI INFORMASI

PENDIDIKAN MATEMATIKA
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 12 Feb 2019 09:52
Last Modified: 28 May 2020 02:57
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item