MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN KOMPONEN MESIN SEPEDA MOTOR UNTUK SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : SMK NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI)

Rahmad, Andika (2018) MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN KOMPONEN MESIN SEPEDA MOTOR UNTUK SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : SMK NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Daftar Pustakaa.pdf

Download (120kB)

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan suatu lembaga pada bidang pendidikan untuk menjadikan siswa calon tenaga kerja yang siap bekerja dan memiliki keterampilan sesuai dengan bidang keahlian tertentu, maka kegiatan praktik pada SMK mempunyai peranan penting dalam mengembangkan keterampilan siswa. Salah satu hambatan yang sering terjadi pada dunia pendidikan SMK khususnya bidang keahlian teknik kendaraan ringan ialah proses pembelajaran, media pembelajaran dengan pemahaman melalui buku membuat siswa mengerti teorinya saja dan menggunakan alat bantu peraga saat kegiatan praktik, tentunya membutuhkan biaya yang tidak murah dan waktu praktik yang lama. Maka diperlukan suatu solusi yang ringan dan mudah untuk membantu siswa dan guru dalam melakukan proses belajar-mengajar, khususnya pembelajaran mesin sepeda motor. Dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang pesat, diambilah salah satu teknologi dalam hal visual 3D yaitu Augmented Reality. AR merupakan teknologi yang menggabungkan dua objek dari dunia virtual dan dunia nyata secara real time. Teknologi AR ini diterapkan pada media pembelajaran pengenalan komponen mesin sepeda motor, para pengguna khususnya siswa TKR dapat melihat komponen utama mesin sepeda motor dengan animasi 3D secara realtime dan informasinya. Media pembelajaran pengenalan komponen mesin motor diuji menggunakan ISO 9126 dengan tiga aspek yang dipakai yaitu uji Functionality sistem, serta menggunakan pengujian Usability dengan kuisioner dan pengujian Portability. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran AR ini dapat membantu dan menambah pengetahuan tentang pengenalan komponen mesin motor, dengan cara menjalankan aplikasi pembelajaran pengenalan komponen mesin motor, lalu melakukan deteksi marker untuk melihat objek 3D dengan mengarahkan kamera pada marker. Dari hasil pengujian aplikasi ini termasuk kategori sangat layak dan memiliki aspek menarik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Android, Pembelajaran, Mesin, Sepeda Motor
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 12 Feb 2019 06:31
Last Modified: 27 May 2020 04:52
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item