RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SEBAGAI PENGENALAN PERHITUNGAN ARITMATIKA

Syaifudin, Arif (2018) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SEBAGAI PENGENALAN PERHITUNGAN ARITMATIKA. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
12. Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
13. BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
19. Daftar Pustaka.pdf

Download (183kB)

Abstract

Pendidikan yang bersifat formal maupun non formal untuk terus menciptakan metode pembelajaran yang kreatif, inovatif serta menarik minat anak didik terhadap mata pelajaran matematika. Berdasarkan observasi dalam bentuk wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SD Negri 3 Braja Selebah terhadap beberapa wali kelas, didapatkan bahwa pelajaran matematika sering disebut sebagai pelajaran yang sulit. Jarang sekali ada yang mengatakan pelajaran matematika itu pelajaran yang mudah. Meskipun matematika dianggap sulit dan juga dianggap tidak menyenangkan bagi kalangan siswa-siswi, tetapi matematika termasuk mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN), jadi banyak pihak yang memiliki presepsi bahwa matematika adalah pengetahuan terpenting yang harus dikuasai. Kemajuan teknologi saat ini dapat dijadikan solusi dari permasalahan tersebut, yaitu dengan membuat aplikasi pengenalan perhitungan aritmatika berbasis android. Metodologi pengembangan aplikasi Pengenalan perhitungan aritmatika ini menggunakan MDLC yang terdiri dari 6 tahap yaitu concept (pengonsepan), design (pembuatan desain), material collecting (pengumpulan material), assembly (pembuatan program), testing (pengujian) dan distribution (distribusi). Hasil pengujian aplikasi menggunakan ISO 9126 yang menggunakan dua aspek variabel Functionality diantaranya : Suitability dan Accuracy. Aspek variabel Usability diantaranya Understandability, Learnability, Operability dan Attaractivenes. Hasil aspek pengujian Functionality dengan persentase 100%, berarti sangat baik, Pengujian aspek Usability oleh 30 orang responden diperoleh nilai persentase 85%, yang berarti sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Edukasi, Pengenalan Perhitungan Aritmatika, Android
Subjects: INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:41
Last Modified: 27 May 2020 10:08
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item