GAME EDUKASI PENGENALAN TAPIS LAMPUNG BERBASIS ANDROID (STUDY KASUS SMPN 5 BANJIT WAYKANAN)

KURNIAWAN, M. ANDIKA (2023) GAME EDUKASI PENGENALAN TAPIS LAMPUNG BERBASIS ANDROID (STUDY KASUS SMPN 5 BANJIT WAYKANAN). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (full teks)
skripsi17312107.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
abstrak17312107.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b117312107.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (BAB II Tinjauan)
b217312107.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17312107.pdf - Bibliography

Download (126kB)

Abstract

Kain tapis merupakan pakaian resmi masyarakat adat Lampung dalam berbagai upacara adat dan keagamaan. Penggambaran dari kain tapis Lampung sendiri merupakan bentuk dari simbol-simbol yang dianggap sakral oleh masyarakat Lampung. Hasil wawancara yang telah dilakukan pada proses pembelajaran di sekolah pembelajaran mata pelajaran yang bersifat muatan lokal seperti bahasa dan aksara Lampung kurang di minati, dikarenakan kurangnya media yang dapat menarik minat murid untuk mempelajarinya. Agar siswa dapat berpikir dan menimbulkan ketertarikan akan mempelajari materi mengenai tapis Lampung, salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan dengan mudah dan diterima dengan baik adalah menggunakan game edukasi. Metode pengembangan game dimulai dari tahap awal hingga akhir pada penelitian ini menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle) dan dibangun menggunakan Game Engine Unity3D menggunakan bahasa pemrograman C#. Pengujian yang dilakukan menggunakan ISO 9126 yang diuji oleh guru menghasilkan presentase sebesar 90,83% dan murid menghasilkan presentase sebesar 95,83% yang keduanya masuk kedalam kategori Sangat Layak.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Kain Tapis, Game Edukasi, Game Development Life Cycle, Unity3D, ISO 9126 Tapis Fabric, Educational Game, Game Development Life Cycle, Unity3D, ISO 9126
Subjects: INFORMATIKA > TR Photography
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:42
Last Modified: 23 Oct 2023 04:42
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5116

Actions (login required)

View Item View Item