IMPLEMENTASI MONITORING JARINGAN DENGAN TELEGRAM BOOT UNTUK MENENTUKAN SLA (SERVICE LEVEL AGREEMENT) PELANGGAN CORPORATE (STUDI KASUS: PT. MANDALA LINTAS NUSA)

SYAIFUDIN, ARIF (2022) IMPLEMENTASI MONITORING JARINGAN DENGAN TELEGRAM BOOT UNTUK MENENTUKAN SLA (SERVICE LEVEL AGREEMENT) PELANGGAN CORPORATE (STUDI KASUS: PT. MANDALA LINTAS NUSA). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18312012.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (abstrak)
abstrak18312012.pdf - Published Version

Download (15kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b118312012.pdf - Published Version

Download (19kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b218312012.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18312012.pdf - Bibliography

Download (66kB)

Abstract

ABSTRAK Pada masa sekarang ini jaringan komunikasi adalah salah satu kebutuhan utama yang hampir tidak bisa dilepas dari aktifitas sehari-hari, baik itu kebutuhan personal maupun kebutuhan bagi organisasi atau perusahaan. Koneksi jaringan yang baik adalah koneksi jaringan yang selalu dimonitoring atau dipantau dengan tepat dan akurat. Pemantauan jaringan yang tepat dapat mengurangi resiko terputusnya jaringan internet secara mendadak dan penanganan permasalahan yang cepat. Tak kalah penting juga Service Level Agreement (SLA) yang berfungsi untuk memberikan garansi layanan internet yang baik dan stabil. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelayanan yang berkualitas, maka tuntutan masyarakat akan pelayanan yang cepat, tepat dan informatif semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah sistem yang dapat memonitoring jaringan secara realtime dan mencatat log saat tejadi masalah jaringan internet serta dapat menampilkan laporan SLA pelanggan untuk menyediakan informasi downtime dan persentase SLA (Service Level Agreement) untuk koneksi internet kepada pelanggan corporate dengan cepat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli hingga november 2022, bertempat di PT. Mandala Lintas Nusa Bandar Lampung. Pengujian dilakukan dengan cara menghitung jumlah downtime pada pelanggan, contohnya pelanggan wellington school pada bulan oktober downtime sebesar 2.37%, sedangkan bulan November 0.20% dari hasil tersebut bahwa sistem yang telah dibuat berhasil dengan baik yaitu ketika terjadi down time / up time, sistem berhasil mengirimkan notifikasi ke telegram boot dan merecord data ke dalam database kemudian di tampilkan dalam bentuk jam, menit dan presentase. Hal tersebut terdapat perbedan jumlah downtime dan presentase dari masing-masing pelanggan dan sistem yang dibuat telah berhasil menampilkan laporan Service Level Agreement (SLA) benbentuk pdf dan berjalan dengan baik. Dengan adanya sistem monitoring dan system/aplikasi, memudahkan ISP untuk menyediakan informasi downtime serta persentase SLA (Service Level Agreement) untuk koneksi internet kepada pelanggan corporate secara cepat.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Sevice Level Agreement, SLA, database, Telegram BOT, nofitication
Subjects: INFORMATIKA
INFORMATIKA > Engineering (General). Civil engineering (General)
INFORMATIKA > TJ Mechanical engineering and machinery
INFORMATIKA > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:21
Last Modified: 18 Apr 2023 07:22
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4608

Actions (login required)

View Item View Item