SUBING, MUHAMMAD ACHDAD (2022) APLIKASI E-LEARNING PEMBELAJARAN DI SEKOLAH SDN 1 PENGAJARAN BANDAR LAMPUNG BERBASIS WEB The Application of Web Based E-Learning at SDN 1 Pengajaran Bandar Lampung. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.
![]() |
Text (Full Skripsi)
skripsi15312419.pdf - Published Version Download (21MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
abstrak15312419.pdf - Published Version Download (20MB) |
![]() |
Text (Bab I Pendahuluan)
b115312419.pdf - Published Version Download (20MB) |
![]() |
Text (Bab II Landasan Teori)
b215312419.pdf - Published Version Download (20MB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka15312419.pdf - Additional Metadata Download (20MB) |
Abstract
INTISARI Pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya perubahan kebijakan secara mendasar dalam dunia pendidikan tanah air. Salah satu kebijakan yang paling mendasar dari pemerintah merubah cara belajar mengajar siswa dan guru dengan belajar dari rumah. Penggunaan media internet di lembaga pendidikan akan memberi kemudahan untuk proses pembelajaran, pembelajaran menggunakan internet disebut juga e-learning. SDN 1 Pengajaran Bandar Lampung, terdapat beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran, SDN 1 Pengajaran Bandar Lampung tidak memiliki aplikasi e-learning pembelajaran yang dapat diterapkan pada masa pandemi covid-19 saat ini. Pembelajaran di SDN 1 Pengajaran Bandar Lampung masih menggunakan handout (lembar terpisah) dan buku cetak yang kemudian dibahas oleh guru dengan ceramah didepan kelas. Penyampain materi pada lembar terpisah itu secara keseluruhannya materi berupa teks saja, tanpa ada gambar tersaji, untuk itu dibutuhkan sebuah aplikasi pembelajaran yang bisa di akses siswa dimanapun dan kapanpun serta dapat membuat siswa nyaman serta betah berlama-lama dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Aplikasi yang memungkinkan untuk hal tersebut ialah Aplikasi E-Learning Pembelajaran Berbasis Web. Hasil dari penelitian ini adalah Menghasilkan sebuah Aplikasi E-Learning Pembelajaran di sekolah SDN 1 Pengajaran Bandar Lampung Berbasis Web. Dalam pembuatannya, diperlukan metode pengembangan sistem yang sesuai, supaya website E-learning yang akan dibangun sesuai dengan yang diinginkan. Peneliti menggunakan metode pengembangan sistem Extreme Programming. Hasil uji kelayakan aplikasi e-learning dengan menggunakan metode pengujian ISO 25010 pada aspek Functional Suitability sebesar 89% dan, pada aspek Reliability sebesar 92%.
Item Type: | Thesis (Strata 1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Learning, Website, Extreme Programming, ISO 25010 |
Subjects: | INFORMATIKA > Technology (General) INFORMATIKA > Engineering (General). Civil engineering (General) INFORMATIKA > TP Chemical technology TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika |
Depositing User: | Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 08:59 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 08:59 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |