Implementasi Algoritma Shufle Random Pada Game Edukasi Bertema Tentang Daerah Lampung Berbasis Android

HIDAYAT, NURDIN (2022) Implementasi Algoritma Shufle Random Pada Game Edukasi Bertema Tentang Daerah Lampung Berbasis Android. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17312057.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17312057.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b117312057.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b217312057.pdf - Published Version

Download (918kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17312057.pdf - Bibliography

Download (94kB)

Abstract

Game adalah media hiburan dimana dimasa sekarang hampir semua orang dari berbagai macam usia memainkannya. Game menyentuh segmentasi mulai dari sekedar hiburan sampai menjadi media edukasi. Mudah nya akses sekarang terhadap dunia teknologi membuat game berkembang cukup cepat. Dengan pengguna smartphone yang sangat luas dari berbagai usia media game cukup memberikan dampak yang signifikan. RPG merupakan salah satu jenis game dimana pemain memainkan sebuah peran atau karakter. Di dalam permainan RPG biasanya terdapat sebuah cerita yang harus diikuti untuk menyelesaikan permainan tersebut. Algoritma shuffle random merupakan suatu metode untuk melakukan pengacakan . penerapan algoritma shuffle random bertujuan untuk membuat permainan menjadi lebih dinamik dimana koin yang muncul akan memiliki direksi yang acak dan nominal jumlah koin yang didapatkan juga bersifat acak ketika menyelesaikan misi. Tema tentang daerah lampung digunakan untuk memperkenalkan budaya tentang daerah lampung., lebih spesifiknya tema lampung pada game ini yaitu lebih memperkenalkan tentang rumah adat lampung. Pembuatan game menggunakan dengan software Godot engine. Godot merupakan software untuk menbuat game baik 2d ataupun 3d. pembuatan asset menggunakan software aseprite, clip studio paint dan adobe flash cs3. Metode pengujian menggunakan ISO 9126 dengan aspek functionality , untuk mengetahui apakah terjadi bug atau eror pada permainan yang telah dibuat. Hasil peneliatian berupa aplikasi game Worderland Near Krakatau dimana functionality sebesar 100% dan berhasilnya penerapan algoritma shuffle random untuk pengacakan koin pada game Wonderland Near Krakatau.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Game, Edukasi, Algoritma Shuffle Random,Pixel art, RPG.
Subjects: INFORMATIKA > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
INFORMATIKA > TN Mining engineering. Metallurgy
INFORMATIKA > TP Chemical technology
TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 11 Apr 2023 08:25
Last Modified: 11 Apr 2023 08:25
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4597

Actions (login required)

View Item View Item