ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI INTEGRAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA

PARINATA, DWI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI INTEGRAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18112006.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak18112006.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b118112006.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (Bba II Landasan Teori)
b218112006.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18112006.pdf - Bibliography

Download (318kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis tertulis mahasiswa yang berkemampuan rendah, sedang dan tinggi dalam menyelesaikan masalah pada materi integral. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling sehingga sampel yang digunakan berjumlah 3 mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2019 Universitas Teknokrat Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pada indikator 1, mahasiswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi memiliki kemampuan yang baik dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanya meskipun tidak dituliskan secara rinci. (2) pada indikator 2, mahasiswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi kemampuan yang baik dalam menentukan operasi hitung meskipun terdapat beberapa kekeliruan. (3) pada indikator 3, mahasiswa berkemampuan rendah mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal, namun mahasiswa berkemampuan sedang dan tinggi mampu menafsirkan solusi yang diperoleh ataupun menggunakan representasi menyeluruh untuk menyatakan konsep matematika dan solusinya. (4) pada indikator 4, mahasiswa berkemampuan rendah dan sedang mengalami kesulitan untuk menggambarkan grafik sesuai dengan perintah soal, namun mahasiswa berkemampuan tinggi sudah dapat menggambarkan grafik secara detail. (5) pada indikator 5, mahasiswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi mampu menjelaskan kesimpulan yang diperoleh meskipun tidak dapat dituliskan secara detail.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, Kalkulus Integral, Kemampuan Matematis
Subjects: PENDIDIKAN MATEMATIKA
PENDIDIKAN MATEMATIKA > Kalkulus
Divisions: Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 08 Apr 2023 03:46
Last Modified: 08 Apr 2023 03:46
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4578

Actions (login required)

View Item View Item