PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN FLORA DAN FAUNA BAGI ANAK PAUD (Study kasus : PAUD Dharma Wanita Gunung Batin Udik) augmented reality application development for the introduction of flora and fauna for children paud (Case Study: PAUD Dharmawanita Gunung Batin Udik)

WIJAYANTO, PINDO (2020) PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN FLORA DAN FAUNA BAGI ANAK PAUD (Study kasus : PAUD Dharma Wanita Gunung Batin Udik) augmented reality application development for the introduction of flora and fauna for children paud (Case Study: PAUD Dharmawanita Gunung Batin Udik). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi16311348.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak16311348.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (BAB I –Pendahuluan)
b116311348.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (BAB II – Landasan Teori)
b216311348.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16311348.pdf - Bibliography

Download (122kB)

Abstract

Augmented Reality dapat menangani permasalahan dari media pembelajaran tradisional yang ada saat ini yang dirasakan kurang informatif dan interaktif bagi anak-anak. Metode tradisional tersebut biasanya hanya menggunakan poster dan buku statis dalam proses belajar pengenalan flora dan fauna terhadap anak-anak. Sehingga anak-anak merasa bosan untuk belajar, dan menjadi kurang mengerti pelajaran yang disampaikan. Pembelajaran disekolah PAUD Darmawanita Gunung Batin Udik, memiliki beberapa kelemahan, yaitu Siswa yang sedang belajar dikelas terkadang tidak fokus pada materi yang sedang diajarkan karena minimnya interaksi siswa terhadap materi dan juga kurang jelasnya pengenalan tumbuhan dan hewan secara langsung sehingga siswa kurang mengetahui bentuk fisik dari masing-masing obyek yang bersangkutan. Dengan menggunakan teknlogi Augmented Reality, diharapkan dapat membantu siswa-siswi PAUD Darmawanita Gunung Batin Udik dalam memahami dan mempelajari flora dan fauna secara visual berupa tampilan obyek 3D melalui aplikasi yang dinamakan “Arrana” sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Aplikasi ini akan dibangun menggunakan teknik Marker Based Augmented Reality, dimana marker yang akan dipakai berupa buku gambar 2 dimensi. Metode pengembangan pada penulisan ini menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) model Luther. Hasil keseluruhan pengujian sistem menggunakan Standard Kualitas International Organization of Standardzation (ISO) 25010 dengan 3 aspek yaitu Functional Suitability, aspek Operability dan aspek Transferability menghasilkan nilai total rata-rata 83% atau sangat baik, sehingga sangat baik jika diterapkan sebagai metodologi pembelajaran baru yang menarik dan interaktif dalam mengenalkan flora dan fauna untuk siswa-siswi PAUD Darmawanita Gunung Batin Udik.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, MDLC, PAUD
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN APLIKASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 04 Jan 2023 07:03
Last Modified: 04 Jan 2023 07:03
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4398

Actions (login required)

View Item View Item