PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BAHAYA NARKOBA BERBASIS CONSTRUCT 2 (Studi Kasus : Kantor Badan Narkotika Nasional Propinsi Lampung)

Putra, Ketut Sagita Laksmana (2018) PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BAHAYA NARKOBA BERBASIS CONSTRUCT 2 (Studi Kasus : Kantor Badan Narkotika Nasional Propinsi Lampung). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
11 ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
12 BAB 1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (91kB)

Abstract

NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lain) adalah bahan/zat/obat yang bila masuk ke tubuh manusia akan mempengaruhi tubuh terutama otak atau susunan saraf pusat, menyebabkan gangguan kesehatan fisik, psikis, dan fungsi sosialnya karena terjadi kebiasaan, ketagihan (adiksi) serta ketergantungan (dependensi) terhadap NAPZA. Berdasarkan data dari Deputi Bidang Rehabilitasi BNN, jumlah pecandu Narkoba yang mendapatkan pelayanan Terapi dan Rehabilitasi di seluruh Indonesia tahun 2013 ada sebanyak 6.111 orang. Game dapat digunakan sebagai media yang mampu menyampaikan bahaya narkoba kepada masyarakat karena game dapat menghadirkan lingkungan yang menyenangkan dan meningkatkan kreativitas. Jadi diperlukan sebuah media edukasi dalam bentuk game yang menarik minat pelajar dan masyarakat luas yang memberitahukan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Dalam pembuatan game peneliti menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan tools yang digunakan adalah construct 2. Aplikasi game edukasi bahaya narkoba diuji dalam tahap uji kualitas software berdasarkan ISO 9126 dengan hasil uji functionality 94,9%, uji usabilitiy 92%, uji portability menunjukan aplikasi dapat diinstal dan dijalankan pada device dengan sistem operasi android 4.3 (Jelly Bean) sampai 8.0 (Oreo), uji effeciency menunjukan device yang paling efesien adalah yang menggunakan sistem oprasi 6.0 (mashmallow), prosesor octa core 1,5 Ghz RAM 4GB, CPU yang digunakan 2% dan RAM 64 MB. Dari hasil total pengujian didapat nilai 93,45% dan masuk ke dalam kriteria Excellent.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Development Life Cycle, NAPZA, Game, ISO 9126
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN APLIKASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 06 Nov 2018 07:46
Last Modified: 19 May 2020 02:46
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item View Item