MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PEMBELAJARAN BENDA HIDUP DAN TIDAK HIDUP UNTUK SD NEGERI JERANGKANG

Albaar Alkautsar, Muhammad (2022) MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PEMBELAJARAN BENDA HIDUP DAN TIDAK HIDUP UNTUK SD NEGERI JERANGKANG. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18312183.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak18312183.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b118312183.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b218312183.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18312183.pdf - Bibliography

Download (172kB)

Abstract

Media game edukasi dapat dipahami sebagai suatu metode pembelajaran yang menggunakan permainan (games) dengan tujuan untuk memperlancar proses pembelajaran, menjadikan pembelajaran menyenangkan bahkan meningkatkan pembelajaran yang efektif. Bentuk pembelajaran menggunakan media game yang biasa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sangat beragam, mulai dari yang secara offline (tanpa menggunakan perangkat pembelajaran) hingga online (berupa video game) baik yang menggunakan Desktop maupun Android. Game edukasi yang menggabungkan dengan belajar dan bermain, game edukasi ini juga dapat digunakan untuk melibatkan siswa/i untuk memperoleh pengetahuan dan minat belajar siswa/i. Hasil wawancara dan observasi di SD Negeri Jerangkang menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran benda hidup dan tidak hidup yaitu masih ada siswa/i yang belum dapat mengenal benda hidup dan benda mati. Masalah yang dihadapi adalah kurangnya minat belajar siswa/i. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Dengan metode pengujian menggunakan ISO 25010 untuk pengujian Functionality dan Portability dengan hasil pengujian kepada 10 responden yang membuktikan bahwa game mendapatkan kriteria “Sukses” dengan presentase 96,56% pada pengujian aspek Functionality. Pada aspek pengujian Portability dengan hasil kriteria “Sukses” dan presentase 100% yang dapat diinstall dan berjalan dengan baik pada android.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Game, Game Edukasi, Android, GDLC, ISO 25010, Skala likert
Subjects: INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 25 Nov 2022 09:08
Last Modified: 25 Nov 2022 09:08
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4071

Actions (login required)

View Item View Item