PENERAPAN SISTEM E-CRM SEBAGAI PELAYANAN INFORMASI KONSUMEN BERBASIS WEB

Aftina, Juwin (2018) PENERAPAN SISTEM E-CRM SEBAGAI PELAYANAN INFORMASI KONSUMEN BERBASIS WEB. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
13 ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (21kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)

Abstract

Biru Entertainment merupakan salah satu perusahaan di kota Bandar lampung yang bergerak dibidang pelayanan jasa dekorasi seperti wedding, gathering, birthday dan event lainnya. Selama ini perusahaan tidak memiliki aktifitas khusus yang menangani sistem pemasaran, pemasaran produk dilakukan dengan cara konsumen yang telah menggunakan jasa memberikan informasi ke konsumen lain. Kendala lain, perusahaan belum memiliki sistem untuk mendapatkan konsumen baru sebanyak-banyaknya dan mempertahankan konsumen lama dengan menjalin komunikasi yang baik dan berkesinambungan. Dengan ini, electronic Customer Relationship Management (e-CRM) akan diterapkan untuk mengatasi masalah dalam pemasaran yang dihadapi oleh Biru Entertainment. Tujuan dari penelitian membangun sistem electronic Customer Relationship Management (e-CRM) sebagai bentuk pelayanan informasi kepada konsumen Biru Entertainment. Tujuan lain, dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesetiaan konsumen melalui pelayanan informasi yang diberikan ke konsumen yang ingin memesan produk jasa dekorasi pada Biru Entertainment. Dalam analisis dan perancangan sistem e-CRM menggunakan model extreme programming. Pada tahap perancangan konseptual menggunakan model UML yaitu: use case diagam, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Pada tahap pembangunan sistem menggunakan bahasa pemograman PHP dengan database MySQL. Berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan sistem e-CRM, konsumen dapat melakukan rating produk, rating pelayanan dan konsumen dapat memberi masukan seperti menulis ide atau keluhan terhadap pelayanan Biru Entertainment. Fitur Pendukung e-CRM lain, terdapat halaman chatting yang berfungsi membantu konsumen agar dapat secara langsung terhubung kepada admin Biru Entertainment. Dengan ini, perusahaan dapat mengetahui nilai pandangan terhadap pelayanan informasi sehingga perusahaan dapat mengevaluasi dan menangani permasalah terkait yang dialami oleh konsumen guna mempertahankan pentingnya konsumen bagi Biru Entertainment.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jasa Desain Dekorasi, e-CRM, Rating, Chatting.
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > REPOSITORI DATA BERBASIS WEB
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 02 Nov 2018 04:22
Last Modified: 14 May 2020 05:21
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item