PENGARUH KEJENUHAN BELAJAR SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KALIANDA

FATIMAH, CLARA (2022) PENGARUH KEJENUHAN BELAJAR SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KALIANDA. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18112012.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Bab I-Pendahuluan)
b118112012.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (Bab II-Landasan Teori)
b218112012.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18112012.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18112012.pdf - Bibliography

Download (334kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kejenuhan belajar siswa selama pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika melalui nilai Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto serta terdapat satu variabel bebas yakni kejenuhan belajar secara daring dan satu variabel terikat yakni hasil belajar matematika. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling sehingga sampel yang digunakan berjumlah 38 siswa dari kelas X OTKP 2 di SMK Negeri 1 Kalianda. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, penyebaran kuesioner kejenuhan belajar serta data nilai Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 yang diperoleh dari guru matematika yang bersangkutan. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis korelasi Pearson Product Moment, analisis regresi sederhana serta analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kalianda mengalami kejenuhan belajar secara daring dengan kategori rendah sebanyak 10%, kategori sedang 74% dan kategori tinggi 16% khususnya pada matapelajran matematika. Hal tersebut diperkuat dengan adanya hubungan antara kejenuhan belajar secara daring dan hasil belajar matematika. Dari perolehan koefisien korelasi Pearson Product Moment sebesar 0,645 dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kejenuhan belajar secara daring dan hasil belajar matematika dengan kontribusi kejenuhan belajar secara daring terhadap tinggi-rendahnya hasil belajar matematika sebesar 41,5% dan 58,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Daring, Hasil Belajar, Kejenuhan Belajar
Subjects: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Divisions: Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:01
Last Modified: 22 Jul 2022 03:01
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3846

Actions (login required)

View Item View Item