Analisis Kesulitan dan Kebutuhan Belajar Matematika Model Asynchronous Pada Siswa SMKN 9 Bandar Lampung Melalui Google Classroom

PUTRI UTAMI, YULIZA (2022) Analisis Kesulitan dan Kebutuhan Belajar Matematika Model Asynchronous Pada Siswa SMKN 9 Bandar Lampung Melalui Google Classroom. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18112002.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Bab I-Pendahuluan)
b118112002.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (Bab II-Landasan Teori)
b218112002.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18112002.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18112002.pdf - Bibliography

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dan kebutuhan belajar matematika model asynchronous melalui Google Classroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed method) dengan jenis penelitian concurrent triangulation designs (konvergen) yang dijelaskan secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL SMKN 9 Bandarlampung sebanyak 33 siswa dengan teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan kuesioner melalui google form dan berupa soal tes formatif dengan materi vektor dimensi dua. Analisis data pada penelitian kuantitatif menggunakan hasil belajar matematika yang dijabarkan berdasarkan statistik deskriptif dan ketuntasan belajar secara klasikal, sedangkan analisis data pada penelitian kualitatif menggunakan hasil respon siswa mengenai kesulitan dan kebutuhan belajar matematika. Adapun manfaat dari penellitian ini adalah dapat dijadikan sebagai acuan bagi siswa dalam mengatasi kesulitan belajar dan mengetahui kebutuhan siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika model asyncronous. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa masih mengalami kesulitan terhadap kendala internet dengan kriteria yang sangat tinggi sebanyak 93,9%. Adapun kendala lainnya yaitu siswa tidak tertarik belajar matematika dengan kriteria yang tinggi sebanyak 72,2% sehingga siswa mudah merasa bosan, malas, serta kurang semangat saat belajar matematika dan nilai ketuntasan secara klasikal dinyatakan tidak tuntas karena persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal ? 80%. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat memberitahukan bahwa siswa membutuhkan waktu untuk mengerjakan tugas, serta siswa membutuhkan bahan ajar yang menarik seperti powerpoint ataupun video dikarenakan siswa mengalami peningkatan terhadap hasil belajar yang menyebabkan siswa tuntas belajar secara individual KKM ?75 dan siswa berharap tugas yang diberikan tidak terlalu banyak sehingga siswa dapat menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh guru. Hal ini harus dilaksanakan agar siswa tertarik belajar matematika model asynchronous melalui Google Classroom karena sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga dapat memungkinkan siswa tidak akan merasa kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Asyncronous, Google Classroom, Kesulitan, kebutuhan belajar
Subjects: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Divisions: Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:55
Last Modified: 22 Jul 2022 02:55
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3845

Actions (login required)

View Item View Item