PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK YADIKA BANDAR LAMPUNG

SAPUTRA, WAHYU (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK YADIKA BANDAR LAMPUNG. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17112007.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Bab I-Pendahuluan)
b117112007.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (Bab II-Landasan Teori)
b217112007.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17112007.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17112007.pdf - Bibliography

Download (409kB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Yadika Bandar Lampung Wahyu Saputra 17112007 Motivasi merupakan dorongan dan kekuatan dalam diri seseorang untuk melakukan tujuan tertentu yang ingin dicapainya. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan dalam proses belajar mengajar di kelas XI SMK Yadika Bandar Lampung, hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika masih belum optimal. Permasalahan ini cenderung dipengaruhi oleh kurangnya motivasi belajar yang dimiliki siswa saat proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Yadika Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik penelitian ex post facto. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis Korelasi Pearson. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas yaitu motivasi belajar dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat kepercayaan 95% dan nilai sig.value 0,000 < 0,05 serta nilai koefisien rxy = 0,841 yang berada pada kategori sangat kuat. Kontribusi motivasi belajar dalam mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar yaitu sebesar 70,7%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dengan demikian hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa jika motivasi belajar yang dimiliki setiap siswa kelas XI SMK Yadika Bandar Lampung cukup dengan nilai rata-rata 99,56 dari 120. Sedangkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Yadika Bandar Lampung tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 72,39, maka hasil belajar yang akan diperoleh juga turut tinggi, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Divisions: Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:44
Last Modified: 22 Jul 2022 02:44
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3844

Actions (login required)

View Item View Item