Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Olnie Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung

RAHMA NIA, SITI (2021) Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Olnie Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17112002.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I-Pendahuluan)
b117112002.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (BAB II-Landasan Teori)
b217112002.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17112002.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17112002.pdf - Bibliography

Download (287kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi ini, siswa dituntut untuk terus mengembangkan potensinya melalui sejumlah pembelajaran yang mereka dapatkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika berbasis online terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA 1 SMA Gajah Mada Bandar Lampung tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk bagian dari metode penelitian quasi experimental yang merupakan pengembangan dari metode true experimental dimana penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan (treatment) tertentu terhadap subjek penelitian yang bersangkutan dengan menggunakan desain eksperimen Pretest Posttest Control Group Design. Adapun populasi yang digunakan adalah Kelas X IPA1 dengan jumlah 39 siswa. Penelitian ini mengambil dua kelas sampel dengan teknik pengambilan random sampling. Penelitian ini diarahkan sebagai pijakan dalam peningkatan hasil belajar siswa, yakni menitikberatkan pada sejauh mana efektivitas penggunaan pembelajaran online terhadap pemahaman konsep matematis siswa dalam proses pembelajaran matematika dalam mengingkatkan hasil belajar siswa tersebut. Setelah dilakukan penelitian maka didapatlah hasil uji paired sample test yang menunjukan bahwa diterima dan ditolak. Yang berarti bahwa tidak ada perbedaan antara nilai pretest dan posttest siswa sehingga penggunaan media pembelajaran matematika berbasis online setara dengan pembelajaran konvensional. Namun, tidak hanya dilihat dari uji paired sample test, keaktifan siswa pada saat pembelajaran berbasis online berlangsung juga dapat dijadikan acuan untuk melihat keefektifan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Subjects: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Divisions: Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:32
Last Modified: 09 Mar 2022 07:32
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3785

Actions (login required)

View Item View Item