Pengaruh Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika

RATU ANDERHA, REFIESTA (2021) Pengaruh Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17112004.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I-Pendahuluan)
b117112004.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (BAB II-Landasan Teori)
b217112004.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17112004.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17112004.pdf - Bibliography

Download (127kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan numerasi terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan melalui nilai IPK. Penelitian ini memakai data mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Teknokrat Indonesia sebanyak 30 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik penelitian ex post facto. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis korelasi Spearman. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas, yaitu kemampuan numerasi dan satu variabel terikat, yaitu prestasi belajar. Adapun manfaat dari penellitian ini adalah dapat dijadikan acuan bagi mahasiswa dalam memperoleh atau meningkatkan prestasi belajar dan sebagai acuan evaluasi untuk menetapkan kompetensi dasar dalam perkuliahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan numerasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan tingkat kepercayaan 95% dan nilai sig.value 0,000<0,05 serta nilai koefisien korelasi? r?_xy=0,614 yang berada pada kategori kuat. Kontribusi kemampuan numerasi dalam mempengaruhi tinggi-rendahnya prestasi belajar yaitu sebesar 37,69%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dengan demikian hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa jika kemampuan numerasi yang dimiliki setiap mahasiswa Pendidikan Matematika itu tinggi, maka prestasi belajar yang akan diperoleh juga turut tinggi, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Literasi Numerasi, Kemampuan Numerasi, Prestasi Belajar
Subjects: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Divisions: Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:04
Last Modified: 09 Mar 2022 07:04
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3782

Actions (login required)

View Item View Item