PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI KESEHATAN MOBILE DOC.IN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KOTA BANDAR LAMPUNG)

Prasetya, I Putu Angga Ruska (2021) PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI KESEHATAN MOBILE DOC.IN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KOTA BANDAR LAMPUNG). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi15312366.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Bab I-Pendahuluan)
b115312366.pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Text (Bab II-Landasan Teori)
b215312366.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak15312366.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka15312366.pdf - Bibliography

Download (216kB)

Abstract

Kesehatan merupakan keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis serta faktor penting yang sangat mempengaruhi kesehatan ialah pola hidup seperti waktu istirahat, makanan yang dikonsumsi, kondisi psikis atau mental, kondisi ekonomi dan kehidupan dari sosial seseorang. Seiring perkembangan zaman, pelayanan kesehatan tidak hanya terbatas pada pelayanan kesehatan milik pemerintah namun pada klinik praktik dokter. Klinik praktik dokter di Kota Bandar Lampung ingin melakukan sebuah inovasi dengan membuat eHealth untuk menunjang kegiatan pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut, maka dipilihlah metode Design Thinking dalam perancangan aplikasi eHealth yang berfokus pada kemudahan (usability) dan kepuasan (satisfaction) pengguna terhadap aplikasi. Metode Design Thinking merupakan lima tahapan langkah secara berulang yang dapat diterapkan untuk memperkuat inovasi, memecahkan sebuah masalah dan membantu dalam memahami kebutuhan pengguna sehingga memberikan sebuah solusi untuk pengguna. Hasil yang didapat dari validasi pengguna saat menggunakan prototype, diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kepuasan pengguna ketika berinteraksi atau human interaction dengan aplikasi menggunakan System Usability Testing (SUS) memperoleh skor 84, dimana skor tersebut sudah memenuhi kriteria. Sehingga rancangan aplikasi dapat dikembangkan oleh tim pengembang untuk dijadikan sebagai dasar dalam membangun sebuah rancangan aplikasi kesehatan guna untuk memberikan kemudahan dan peningkatan kepuasan dalam pelayanan kesehatan melalui sebuah aplikasi perangkat mobile. Kata Kunci: eHealth, User Experience Design, Design Thinking, Aplikasi Pelayanan Kesehatan

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: eHealth, User Experience Design, Design Thinking, Aplikasi Pelayanan Kesehatan
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > SISTEM INFORMASI PENILAIAN
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 05 Mar 2022 06:01
Last Modified: 05 Mar 2022 06:01
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3686

Actions (login required)

View Item View Item