Febriza, Moch. Aditya (2020) PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG KLASIFIKASI BAKTERI (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, Lampung). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.
![]() |
Text (Full Skripsi)
skripsi16312150.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak)
abstrak16312150.pdf - Published Version Download (271kB) |
![]() |
Text (Bab I-Pendahuluan)
b116312150.pdf - Published Version Download (513kB) |
![]() |
Text (Bab II-Landasan Teori)
b216312150.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16312150.pdf - Bibliography Download (259kB) |
Abstract
Bakteri merupakan kelompok organisme berukuran mikro, memiliki banyak jenis serta klasifikasinya, sehingga materi tentang bakteri ini tergolong kedalam materi yang sulit untuk dipahami, namun bakteri memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari, terdapat bakteri yang memiliki manfaat yang baik untuk kehidupan manusia, tetapi tidak sedikit juga bakteri yang merugikan untuk kehidupan, sehingga materi tentang bakteri ini penting untuk dipelajari. dalam dunia Pendidikan sendiri materi yang membahas tentang bakteri ini tertuang di Kurikulum Pendidikan Kurikulum 2013 Revisi, materi di semester ke 2, kelas X (sepuluh), Sekolah Menengah Atas di Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Proses pembelajaran di sekolah dalam mempelajari bakteri masih menggunakan metode konvensional, dan masih minim pemanfaatan teknologi, dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih menarik dan lebih mudah. Proses pembuatan media pembelajaran Augmented Reality Klasifikasi Bakteri menggunakan metode pengembangan sistem Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dalam penelitian ini tahapan dalam pengujian yang dilakukan meliputi pengujian aspek desain pembelajaran berdasarkan aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran yang mendapatkan hasil persentase sebesar 98,75% yang berarti materi yang terdapat dalam aplikasi ini sudah sangat baik, sesuai dengan aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran, kemudian pengujian fungsionalitas didapatkan hasil bahwa aplikasi ini 100% dapat berjalan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat tanpa kendala, kemudian pada pengujian ISO 25010 pada Aspek Operability didapatkan nilai persentase sebesar 88% atau berarti sangat baik, sehingga media pembelajaran Augmented Reality Klasifikasi Bakteri ini sudah dinilai sangat baik serta menarik untuk digunakan dan mudah untuk diimplementasikan.
Item Type: | Thesis (Strata 1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bakteri, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Unity 3D |
Subjects: | INFORMATIKA > TP Chemical technology TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika |
Depositing User: | Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 06:59 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 06:59 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |