STUDI PERENCANAAN PERKERASAN BETON SEMEN (STUDI KASUS: RUAS JALAN RAYA SERDANG KECAMATAN TANJUNG BINTANG, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN)

Fatma Dani, Anggun Sekar (2021) STUDI PERENCANAAN PERKERASAN BETON SEMEN (STUDI KASUS: RUAS JALAN RAYA SERDANG KECAMATAN TANJUNG BINTANG, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17314093.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b117314093.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17314093.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17314093.pdf - Bibliography

Download (382kB)

Abstract

Jalan berperan penting dalam kehidupan sehari-hari salah satunya dalam mobilisasi. Jalan Raya Serdang berada pada kawasan industri yang menyebabkan jalan ini di lalui oleh kendaaraan berat, sehingga mengakibatkan kerusakan berupa lubang. Tujuan penulisan ini yaitu untuk mengetahui kondisi Lalu-litas Harian Rata-rata (LHR) Jalan Raya Serdang, mengetahui kerusakan apa saja yang ada pada Ruas Jalan Raya Serdang dan bagaimana rencana tebal perkerasan beton semen pada Ruas Jalan Raya Serdang menggunakan standar Bina Marga 2003 dan perhitungan Engineering Estimate spesifikasi 2018 Sebelum melakukan perencanaan perkerasan beton semen, dilakukan survei Lalu-Lintas Harian Rata-rata (LHR) dan survei kerusakan jalan. Kemudian dilakukan analisis kerusakan jalan berdasarkan metode Keputusan Direktur Jendral Bina Marga No 77/KPTS/Db/1990 dan Tata Cara Penyusunana Program Pemeiliharaan Jalan Kota (1990), sedangkan perencanaan perkerasan beton semen meggunakan metode Bina Marga 2003. Berdasarkan analisis dan perhitungan pada penelitian ini didapat kesimpulan bahwa: 1. Hasil analisis Lalu-lintas Harian Rata-rata (LHR) sebesar 956 Str/Jam. 2. Hasil analisis kerusakan berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Bina Marga No 77/KPTS/Db/1990 diperoleh total kerusakan sebesar 24%, yang termasuk rusak berat dan penanganannya berupa rekonstruksi/dibangun kembali. Sedangkan hasil analisis kerusakan berdasarkan Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota (1990) termasuk dalam program pemeliharaan rutin. 3. Dari hasil perhitungan analisis Engineering Estimate spesifikasi 2018 pada jalan Raya Serdang STA 0+00 sampai STA 0+500, lebar jalan 4 m dengan tebal pelat 200 mm dan pondasi bawah 100 mm didapat anggaran biaya sebesar Rp. 1.507.000.000,00.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Beton Semen, Kerusakan Jalan, Analisis Perkerasan Jalan
Subjects: TEKNIK SIPIL > Rekayasa Bahan Konstruksi Sipil
TEKNIK SIPIL > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:16
Last Modified: 13 Jan 2022 02:16
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3350

Actions (login required)

View Item View Item