RANCANG BANGUN SISTEM E-CRM DALAM SISTEM PEMBELAJARAN PADA KURSUS BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS : SPEAKUP COURSE LAMPUNG)

Handayani, Devi Fitri (2021) RANCANG BANGUN SISTEM E-CRM DALAM SISTEM PEMBELAJARAN PADA KURSUS BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS : SPEAKUP COURSE LAMPUNG). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi16311014.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b116311014.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak16311014.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16311014.pdf - Bibliography

Download (186kB)

Abstract

Sistem pembelajaran pada dasarnya merupakan sebuah proses interaksi atau hubungan antara pengajar dengan peserta didik, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Pada saat ini seluruh aktivitas dibatasi karena terjadinya wabah virus covid-19 yang melanda seluruh dunia. Dampak dari wabah ini mengharuskan sistem pembelajaran konvensional dialihkan menjadi sistem pembelajaran online atau jarak jauh (e-learning). Tujuan dari penelitian ini dengan melihat permasalahan yang timbul adalah dengan membuat sistem pembelajaran jarak jauh atau online dengan menerapkan metode pendekatan Customer Relationship Management (CRM). CRM merupakan cara pendekatan bisnis yang digunakan perusahaan dalam membina relasi dengan para pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan yang didukung oleh data konsumen yang berkualitas dan teknologi informasi. Metode pengembangan yang digunakan adalah extreme programming dengan pengujian menggunakan Black box. Untuk perancangan sistem menggunakan UML yang terdiri dari usecase diagram, activity diagram, dan juga class diagram. Dan MySQL digunakan sebagai database. Dengan dibuatkannya sebuah sistem pembelajaran yang berbasis online ini mampu menunjang proses belajar di setiap situasi seperti pandemi saat ini. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, menghasilkan persentase sebesar 100% yang menunjukkan indikator bahwa sistem telah “sukses” dam sesuai dengan fungsi dan menandakan bahwa responden “sangat setuju” bahwa sistem tersebut dibuat dan telah sesuai. Kata Kunci: Sistem Pembelajaran, Customer Relationship Management, Extreme Programming, UML, E-learning

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pembelajaran, Customer Relationship Management, Extreme Programming, UML, E-learning
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
SISTEM INFORMASI (D3) > PENERAPAN E-LEARNING
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:25
Last Modified: 05 Jan 2022 03:25
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3294

Actions (login required)

View Item View Item