PENERAPAN E-LEARNING UNTUK MENDUKUNG PRODUKTIVITAS GURU DAN SISWA DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS : SMA ADIGUNA BANDAR LAMPUNG)

Dewi, Nofita (2021) PENERAPAN E-LEARNING UNTUK MENDUKUNG PRODUKTIVITAS GURU DAN SISWA DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS : SMA ADIGUNA BANDAR LAMPUNG). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17311309.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b117311309.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17311309.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17311309.pdf - Bibliography

Download (411kB)

Abstract

SMA Adiguna Bandar Lampung adalah yayasan pendidikan yang berdiri pada tanggal 31 Agustus 1985 dan beralamat di Jalan Khairil Anwar Nomor 79, Durian Payung, Proses kegiatan belajar dan mengajar di sekolah ini masih biasa dilakukan dengan metode konvensional yakni siswa dan guru bertemu langsung di kelas. Namun dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) terkendala di era new normal ini. Permasalahan yang timbul dengan adanya sistem daring diantaranya kurang fokusnya peserta didik dalam proses KBM dan minat belajar peserta didik di era new-normal sulit dipahami dan perlu adaptasi lebih karena menggunakan dua media yang berbeda dalam satu kurun waktu. Media pembelajaran yang digunakan saat ini yaitu menggunakan aplikasi Whatsapp dan Google Classroom. Produktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) juga kurang optimal dikarenakan peserta didik mengalami kesulitan dalam pemantauan dan pengumpulan setiap tugas dari masing-masing guru dan mata pelajaran setiap harinya. Oleh karena itu dibutuhkan penerapan e-learning untuk mendukung produktivitas guru dan siswa di era new normal pada SMA Adiguna Bandar Lampung. Proses pengembangan sistem menggunakan metode extreme programming (XP) dengan 4 (empat) tahapan yakni planning, design, coding dan testing. Tahapan perencanaan dilakukan dengan pengumpulan data dan identifikasi kebutuhan sistem, tahapan desain sistem menggunakan UML dan tahapan coding menggunakan bahasa PHP. Penerapan e-learning untuk mendukung produktivitas guru dan siswa di era new normal pada SMA Adiguna Bandar Lampung telah melalui pengujian menggunakan metode ISO/IEC 25010 dengan 2 karakteristik yaitu Usability mendapat nilai 99,2% dan Functional Suitability mendapatkan nilai 100% dengan hasil “Sangat Baik”. Kata Kunci : E-learning, Produktivitas, New Normal

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: E-learning, Produktivitas, New Normal.
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PENERAPAN E-LEARNING
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 22 Dec 2021 02:55
Last Modified: 22 Dec 2021 02:55
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3201

Actions (login required)

View Item View Item