RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PETUALANGAN SI UNYIL DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

Purnama, Roby (2018) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PETUALANGAN SI UNYIL DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
10. Abstrak.pdf

Download (283kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB)

Abstract

Game berasal dari kata inggris yang berarti permainan. Permainan adalah sesuatu yang digunakan untuk bermain yang dimainkan dengan aturan-aturan tertentu. Game edukasi merupakan sebuah aplikasi permainan, yang melalui permainan tersebut, terdapat materi-meteri ataupun informasi yang bersifat mendidik. Game adventure merupakan sebuah permainan yang mementingkan alur cerita dan misi untuk pemain. Pendidikan karakter adalah cara berpikir dan berprilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, maupun negara. Pendidikan karakter penting ditanamakan kepada anak-anak agar menumbuhkan cara berpikir dan berprilaku yang baik dan benar sehingga terhindar dari tindakan negatif yang dapat merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Finite State Machine (FSM) merupakan sebuah metodeologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), event (kejadian) dan action (aksi). Oleh karena itu tujuan dilakukan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi game edukasi “Petualangan Si Unyil” sebagai media hiburan dan edukasi mengenai pendidikan karakter. Sisi kebaruan dalam game yang dibuat yaitu menerapkan metode Finite State Machine pada game edukasi “Petualangan Si Unyil” yang berjenis adventure. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian yaitu tinjauan pustaka. Metode pengujian yang digunakan yaitu ISO 9126 dengan aspek penilaian yaitu functionality, usability, portability dan efficiency. Game dibangun menggunakan aplikasi construct2. Desain assets dibuat menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS3. Pembuatan musik latar pada game menggunakan aplikasi FL Studio 12. Penelitian menghasilkan game edukasi “Petualangan Si Unyil” yang berjalan pada platform android. Pengujian terhadap 4 aspek menghasilkan nilai functionality 100%, usability 76%, portability 100%, dan efficiency 100% dengan nilai rata-rata menghasilkan skor 94% yang mana masuk dalam kriteria “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Petualangan, Finite State Machine, Pembelajaran Pendidikan Karakter, Construct2.
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN APLIKASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 26 Oct 2018 04:00
Last Modified: 11 May 2020 07:27
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item View Item