Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasi Android Menggunakan Metode FSM

Kesuma, A. Kharisma Raya (2018) Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasi Android Menggunakan Metode FSM. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
8. Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
13. BAB I.docx.pdf

Download (75kB)
[img] Text
19. Daftar Pustaka.pdf

Download (10kB)

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Harapan Ibu merupakan suatu lembaga pendidikan untuk anak usia dini yang beralamatkan di Jalan Untung Suropati Nomor 14, Gang Sepakat, Labuhan Ratu, Kedaton, Bandar Lampung. Dalam kegiatan pembelajaran mengenai agama terutama dalam pengenalan huruf hijaiyah masih dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu masih menggunakan kartu huruf hijaiyah. Dengan cara tersebut anak-anak kurang cepat dalam menangkap makna yang sedang disampaikan oleh para guru. Adapun salah satu bentuk pemanfaat teknologi informasi dan komunikasi yang dapat diterapkan adalah dengan membangun game edukasi berbasis android.Game edukasi yang diharapkan saat ini adalah game yang yang mampu menghadirkan kualitas gambar yang baik serta mampu menghasilkan interaksi dengan pemakainya. Untuk mendukung hal tersebut pada penelitian ini menerapkan metode Finite State Machine (FSM). Penerapan metode FSM ini yaitu dengan menggunakan tiga hal yaitu state (keadaan), event (kejadian) dan action (aksi)yang diletakkan padahalaman permainan (game). Pada penelitian ini pengujian aplikasi dilakukan menggunakan metode Blackboxdan pengujian menggunakan kuesioner. Pengujian Blackbox dilakukan sebanyak tiga kali pengujian, diperoleh nilai hasil dari pengujian 1 sebesar 90%, pengujian 2 sebesar 90%, dan pengujian 3 sebesar 90%. Sehingga diperoleh ratarata nilai dari ketiga pengujian yang telah dilakukan tersebut sebesar 90% dan dapat dikatakan berhasil, karena sudah melampaui batas kelayakan yaitu 80% dan sistem dinyatakan layak untuk digunakan. Pengujian menggunakan kuesioner dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 3 guru di PAUD Harapan Ibu dengan hasil tanggapan yaitu mayoritas responden sangat setuju bahwa aplikasi game pembelajaran huruf hijaiyah ini ini memiliki kelayakan baik dari segi tampilan, kegunaaan dan konten aplikasi yang sangat baik yaitu sebesar 92,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Finite State Machine, Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah.
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > REPOSITORI DATA BERBASIS WEB
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 26 Oct 2018 03:42
Last Modified: 11 May 2020 07:12
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item View Item