LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) PERUM BULOG DIVRE LAMPUNG KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG

Sitorus, Antom Wijaya and Andika, Rio and Rianita, Srie (2018) LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) PERUM BULOG DIVRE LAMPUNG KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG. Technical Report. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

[img] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (84kB)
[img] Text (Abstrak)
RINGKASAN PKL.pdf - Published Version

Download (7kB)
[img] Text (Full Laporan PKL)
LAPORAN PKL PERUM BULOG.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Praktik kerja lapangan (PKL) merupakan sarana mengaktualisasi diri terhadap beberapa keahlian atau keterampilan baik softskill maupun hardskill yang sudah diperoleh selama perkuliahan, diterapkan di suatu perusahaan atau instansi selama beberapa bulan. Pada laporan PKL ini, disajikan beberapa kegiatan pelaksanaan kerja, temuan kendala atau masalah dan usulan solusi terhadap kendala atau masalah yang dihadapi di perusahaan Perum Bulog Divre Lampung selama kurang lebih 2 bulan yaitu pada bulan April 2018 sampai dengan bulan Juni 2018. Penempatan PKL pada perusahaan ini dibagi di beberapa bagian dengan bidang kerja yang berbeda. Pelaksanaan kerja pada bagian Tata Usaha (TU) kegiatan yang dilakukan secara rutin adalah melakukan surat menyurat, nota intern, faksimili, membuat kliping media massa serta mengarsipkan surat. Pada bagian Komersial kegiatan yang dilakukan secara rutin adalah melakukan penjualan langsung, pengemasan paket, pemasokan barang, bazar, pasar murah dan pengarsipan. Pada bagian Operasional dan Pelayanan Publik (OPP) kegiatan yang dilakukan secara rutin adalah melakukan penyusunan Delivery Order (DO), menyusun GD1K dan penyusunan bukti setor pembayaran. Dari kegiatan yang kami lakukan adanya kendala yang dihadapi adalah sulitnya mencari dokumen (surat, nota intern, faksimili masuk dan keluar) yang diarsipkan secara cepat saat dibutuhkan karena terlalu banyak outner yang tidak tersusun dengan rapi, ketika menyusun nomor DO terkadang keliru atau terselip hingga nomor DO tidak urut, dan kurangnya SDM dalam pelaksanaan penjualan. Pada bagian TU solusi yang diberikan adalah memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh perusahaan seperti komputer, untuk membantu meminimalisir kesalahan dan mengurangi penggunaan Alat Tulis Kantor (ATK), dengan menambah lemari tambahan untuk menyimpan seluruh outner arsip dan dengan menambah ruangan agar supaya lebih ergonomis dalam bekerja, memisahkan nomor DO menjadi beberapa bagian agar lebih mudah untuk disusun dan menambah SDM untuk melakukan penjualan. Usulan tersebut disarankan agar memudahkan karyawan sehingga pengerjaannya lebih cepat dan efektif.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: Laporan PKL
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 04 Mar 2021 07:16
Last Modified: 04 Mar 2021 07:16
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item