LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) PT LAMPUNG MEDIA GRAFIKA TRIBUN LAMPUNG

Agustin, Ririn and Amalia, Yoani Rakhma and Fawzia, Yudha (2018) LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) PT LAMPUNG MEDIA GRAFIKA TRIBUN LAMPUNG. Technical Report. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

[img] Text (Full Laporan PKL)
LAPORAN PKL_REVISI SIDANG.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (29kB)
[img] Text (Abstrak)
RINGKASAN PELAKSANAAN.pdf - Published Version

Download (32kB)

Abstract

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan sarana mengaktualisasi diri terhadap beberapa keahlian atau ketrampilan baik softskill atau hardskill yang sudah diperoleh selama perkuliahan, diterapkan di suatu perusahaan atau instansi selama dua bulan. Pada laporan PKL ini, disajikan beberapa kegiatan pelaksanaan kerja dan usulan saran untuk meningkatkan kinerja dan kemajuan di perusahaan PT Lampung Media Grafika Tribun Lampung Bandar lampung selama 55 hari yaitu dimulai pada tanggal 16 April 2018 sampai dengan 9 Juni 2018. Penempatan PKL pada perusahaan ini dibagi di beberapa divisi dengan bidang kerja yang berbeda. Pelaksanaan kerja pada divisi Keuangan yang dilakukan secara rutin adalah mengatur dan mengelola semua hal yang termasuk ke dalam keuangan perusahaan, mulai dari penginputan transaksi penjualan tiket, sampai penginputan data PPN. Pada Bagian Front Office yang dilakukan secara rutin adalah mengelola dan melayani pelanggan dalam pemasangan iklan pada surat kabar Harian Pagi Tribun Lampung. Pada Divisi Iklan yang dilakukan secara rutin adalah mengatur dan mengelola semua hal yang termasuk ke dalam periklanan yang akan diterbitkan, dan tidak ada permasalahan yang menghambat pelaksanaan praktik kerja lapangan pada saat itu. Berdasarkan hasil dari pelaksanaan PKL terdapat beberapa kendala. Kendala pada Divisi Iklan yaitu surat kabar yang telah dilakukan cek fisik sering kali terselip, memasukan data iklan yang tidak tayang dan iklan yang tidak terdapat nomor Order Pemasangan Iklan (OPI) masih dilakukan secara manual pada buku iklan, kesulitan dalam mencari surat penawaran, MOU, dan data member Tribun Family Card (TFC), nomor seri iklan foto dan iklan baris pada surat kabar tidak selalu ada pada daftar tayang iklan, memasukkan data iklan surat kabar pesaing (Radar Lampung dan Lampung Post) membutuhkan waktu yang sangat lama dan surat kabar tidak diarsipkan berdasarkan periode waktu tertentu. Kendala pada Divisi Keuangan yaitu proses melakukan scan/barcode produk yang akan dijual di koperasi, kode barcode produk tersebut sering kali tidak terbaca oleh alat barcode. Hal itu mengakibatkan petugas koperasi seringkali lupa untuk meng-input-kan data barang pada daftar persediaan barang.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: Laporan PKL
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 20 Feb 2021 04:08
Last Modified: 20 Feb 2021 04:08
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item