LAPORAN PERAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG

Rachmadi, Tri and Wulandari, Indah Septia and Prasetyo, Yuniar Angga (2018) LAPORAN PERAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG. Technical Report. FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER.

[img] Text (Full Laporan PKL)
Gabungan.pdf - Published Version

Download (630kB)
[img] Text (Abstrak)
8. Ringkasan Pelaksanaan PKL.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (Pendahuluan)
9. Bab I.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
13. Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (9kB)

Abstract

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan sarana mengaktualisasi diri terhadap beberapa keahlian baik softskill atau hardskill yang sudah diperoleh selama perkuliahan, diterapkan di suatu perusahaan selama beberapa bulan, penulis melaksanakan PKL di perusahaan PDAM Way Rilau Bandar Lampung selama ±2 bulan yaitu pada bulan April sampai dengan Juni 2018. Bagian Sekertariat, Umum, dan bagian penagihan dan rekening. Kegiatan di Bagian Umum kegiatannya yaitu mencatat expedisi voucher, mencatat expedisi (DPB) dan (PP), pengecapan dan penulisan DO BBM Pertalite perbulan. Pada bagian Penagihan dan Rekening kegiatan yaitu mencatat dibuku arsip surat pernyataan pelanggan, menginputkan laporan harian pemutusan, mengisi Laporan Pelunasan Pelanggan (LPP) di file excel, Mengarsipkan surat pernyataan pelanggan. Pada bagian Humas dan Langganan kegiatannya yaitu mencatat daftar migrasi pelanggan, input data data tagihan pelanggan baru, membuat berita acara pemeriksaan, mengecek tunggakan pelanggan, membuat surat pengantar ke bagian litbang. Pada Pelaksanaan PKL ditemui beberapa masalah yang kemudian diusulkan beberapa saran untuk hal tersebut. Pada bagian umum, penulis memberikan saran format penulisan surat dinas sesuai dengan kaidah menurut buku yang ditulis oleh Nisone Ayu Constantya yang berjudul Bahasa Indonesia SMK/MAK kelas XII, bahwa alamat yang dituju ditulis di sebelah kiri surat pada jarak tengan antara hal dan salam pembuka. Pada bagian penagihan dan rekening untuk memberikan saran kepada kordinator yang memberikan training sistem baru, agar membuat sebuah video tutorial dimana video tersebut berisikan, cara mengakses, cara login, cara transaksi dan cara membuat laporan dengan sistem yang baru. Pada bagian Humas dan Langganan untuk menambahkan wireless adapter ke semua komputer di dalam ruangan agar dapat terkoneksi jaringan wireless yang berbeda dengan yang ada dikantor, sehingga pekerjaan tidak terganggu pada saat ada hal yang urgent.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: Laporan PKL
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 05 Feb 2021 04:44
Last Modified: 05 Feb 2021 04:44
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/2471

Actions (login required)

View Item View Item