PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PENGENALAN UTILITAS BANGUNAN UNTUK SISWA SMK MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS: SMKN 2 BANDAR LAMPUNG) Design and Implementation of Introducing to Buildings Utility Application for student using Augmented Reality (Case Study : SMKN 2 Bandarlampung)

Rodiah, Siti (2019) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PENGENALAN UTILITAS BANGUNAN UNTUK SISWA SMK MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS: SMKN 2 BANDAR LAMPUNG) Design and Implementation of Introducing to Buildings Utility Application for student using Augmented Reality (Case Study : SMKN 2 Bandarlampung). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Thesis)
13. Abstrak.pdf

Download (253kB)
[img] Text (Thesis)
14. Bab I.pdf

Download (330kB)
[img] Text (Thesis)
20. Daftar Pustaka.pdf

Download (355kB)

Abstract

Media merupakan salah satu pemanfaatan teknologi smartphone dalam bidang pendidikan, namun terlepas dari jumlah siswa yang menjadi pengguna aktif dari smartphone yang mencapai 30 juta dari 100 juta pengguna disayangkan bahwa penggunaannya tidak digunakan secara maksimal, yang menjadi salah satu faktor menurunnya proses belajar oleh siswa. Tenaga pengajar di SMKN 2 Bandar Lampung mengakui bahwa siswa kesulitan untuk mempelajari salah satu materi yaitu terkait dengan utilitas bangunan, hal ini karena kurangnya akses informasi yang terbatas hanya lewat buku paket atau praktek dengan guru. Untuk itu dibutuhkan sebuah alternatif yang dapat membantu siswa dalam proses belajar, serta memberikan penggambaran yang lebih menarik dari sebelumnya. Aplikasi yang dibangun berbasis android serta menerapkan teknologi augmented reality, sehingga siswa dapat lebih mudah melihat visualisasi dari utilitas bangunan. Berdasarkan hasil pengujian terhadap perancangan serta implementasi aplikasi pengenalan utilitas bangunan dengan menggunakan pengujian alpha dengan menggunakan black box, serta pengujian beta dengan menggunakan user acceptance testing (UAT). Hasil dari pengujian alpha didapat hasil ‘berhasil’ untuk setiap skenario yang diujikan, sementara hasil dari pengujian beta dengan user acceptance testing didapatkan hasil dengan 80,67% untuk persepsi kemudahan penggunaan yang berada pada kategori ‘puas’, 78,17% untuk persepsi kegunaan aplikasi yang berada pada kategori ‘puas’, 80% untuk persepsi sikap pengguna/intensitas yang berada pada kategori ‘puas’, dan 68,67% untuk persepsi penggunaan sesungguhnya yang berada pada kategori puas dan dapat disimpulkan bahwa aplikasi pengenalan utilitas bangunan ini membantu siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Aplikasi, Augmented Reality, MDLC, UAT
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
SISTEM INFORMASI (D3) > IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 29 Feb 2020 04:54
Last Modified: 28 Apr 2020 06:14
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/1886

Actions (login required)

View Item View Item