E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI MA AL-KHAIRIYAH E-Learning As Learning Media In MA Al-Khairiyah

Saputra, Aby Manyu (2019) E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI MA AL-KHAIRIYAH E-Learning As Learning Media In MA Al-Khairiyah. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Thesis)
13. ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text (Thesis)
14. BAB 1.pdf

Download (86kB)
[img] Text (Thesis)
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)

Abstract

Pemerintah juga mendukung e-learning dengan mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014 Tentang Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013. E-learning itu sendiri memiliki pengertian yang sangat luas salah satunya “Sebuah portal (web/blog) yang menyediakan informasi tentang suatu topik dapat pula tercakup dalam lingkup e-learning ini. Perkembangan pendidikan di Indonesia sangatlah pesat, termasuk ditingkat Sekolah Menengah Atas dan sederajat hal ini dapat diketahui dari data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), dan menyebabkan penyelenggara pendidikan baik itu Sekolah negeri atau swasta meningkatkan kualitasnya dalam media pembelajaran melalui berbagai cara termasuk diantaranya dengan e-learning. Al-khairiyah merupakan wadah pendidikan yang telah didirikan pada tahun 1925 dan dikenal dengan sistem pendidikan perpaduan salafiyah dan modern yang terus berkembang sampai saat ini, proses belajar mengajar menjadi peranan penting untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan atau sekolah, proses pembelajaran yang dilakukan terdapat kekurangan yaitu belum memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kemandirian siswa dan inovasi pembelajaran baru dengan teknologi informasi, masih kurangnya pemahaman mengenai teknologi internet, serta terbatasnya referensi materi bahan ajar yang diberikan oleh guru. Permasalahan tersebut perlu diterapkan inovasi baru dengan pemanfaatan teknologi internet, untuk mempermudah proses pengajaran kepada siswa dan pemahaman teknologi internet. Penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi yang dapat mempermudah pembelajaran, berdasarkan hasil implementasi yang dilakukan dengan penerapan black box testing dengan diuji berdasarkan functionality menghasilkan 93% dengan hasil tersebut pengguna menyatakan kesesuaian fungsi pada sistem dan usability maka berdasarkan kuisioner yang dilakukan di dapat hasil yaitu sebesar 98,3%, sehingga dapat disimpulkan bahwa layak untuk diterapkan untuk menerapkan media pembelajaran elektronik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: E-learning, Media Pembelajaran
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Metode Komputer
SISTEM INFORMASI (S1) > Metode Komputer

SISTEM INFORMASI (D3) > PENERAPAN E-LEARNING
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 20 Feb 2020 08:24
Last Modified: 28 Apr 2020 04:01
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/1744

Actions (login required)

View Item View Item