GAME EDUKASI PIANO “PIANO ID” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN LAGU DAERAH INDONESIA BERBASIS ANDROID

Anggara, Hendra Wahyu (2019) GAME EDUKASI PIANO “PIANO ID” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN LAGU DAERAH INDONESIA BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
Game Edukasi Piano Sebagai Media pengenalan lagu daerah indonesia.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
10 Abstrak.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
11 Daftar pustaka.pdf - Bibliography

Download (101kB)

Abstract

Lagu daerah merupakan bentuk seni yang memiliki hubungan erat dengan kebudayaan Indonesia. lagu-lagu daerah kurang diminati oleh generasi muda, karena adanya lagu pop dan mancanegara yang lebih digemari oleh mereka. Oleh karena itu diperlukan sebuah media pendukung pembelajaran yang interaktif yang mengikuti perkembangan jaman. Dalam perkembangan jaman setiap tahunya penggunaan smartphone terus meningkat, Indonesia mencapai peringkat kelima terbesar di dunia dalam penggunaan smartphone. Pengguna smartphone banyak didominasi oleh anak-anak, kalangan muda dan orang yang bergerak didunia perdagangan dan perkantoran.menggabungkan teknologi smartphone dan aplikasi pembelajaran dapat digunakan untuk mempelajari dan mengenal lagu-lagu daerah lebih mudah dan menyenangkan. Dengan game edukasi piano sebagai media pengenalan lagu daerah Indonesia berbasis android dapat dilakukan dengan menggabungkan pembelajaran piano serta pengenalan lagu daerah indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Deveopment Life Cycle (MDLC), yaitu concept, design, obtainingmaterial collecting, assembly, testing, dan distribution. Metode penelitian ini digunakan untuk mempermudah dalam penelitian. Metode pengujian yang dilakukan menggunakan ISO 9126 dengan aspek fungsionality, usability, portability, dan efficiency. Pengembangan aplikasi menggunakan softwareconstruct 2yang berbasis HTML5 yang akan dijalankan pada platform android.Pengujian kualitan menggunakan pengujian ISO 9126 dengan 4 aspek.Aspek fungsionality adalah 100% valid, aspek usability diperoleh nilai 86%, aspek portability dengan system operasi android versi Lolipop, Marsmellow dan Nougat 100% valid, dan aspek efficiency diperoleh tingkat penggunaan RAM tidak mengalami kekurangan yang menyebabkan aplikasi berhenti sedangkan penggunaan CPU oleh aplikasi berada pada titik tertinggi sebesar 55% dan pada penggunaan stabil sebesar 9%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Piano, Lagu Daerah Indonesia.
Subjects: INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 22 Apr 2019 02:34
Last Modified: 11 Aug 2020 03:54
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item